Miris, Makam Pangeran Kuningan 'Terjepit' Gedung Tinggi

Makam Pangeran Kuningan di Komplek Gedung Telkom Ladmark Tower.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Agung

VIVA.co.id – Kawasan Kuningan merupakan salah satu jantung bisnis di Jakarta. Terletak di selatan ibu kota, daerah ini merupakan bagian dari segitiga emas yang dipenuhi gedung pencakar langit. Kuningan tumbuh menjadi kawasan elite perkantoran karena banyaknya korporasi yang memilih wilayah itu sebagai pusat aktivitas bisnis.

10 Tradisi Pemakaman Paling Nyeleneh di Dunia, Diikat di Pohon hingga Dimakan Burung

Namun siapa sangka, di antara banyaknya gedung menjulang tinggi di sana, ada sebuah makam tua tempat bersemayamnya Pangeran Kuningan, Adipati Jayakarta, yang kondisinya memprihatinkan. Makam itu jauh dari kata ideal persemayaman sosok tokoh besar Tanah Air. Makamnya berada terletak di dalam kompleks Gedung Telkom Landmark Tower.

Berdasarkan pantauan, kondisinya nampak tak lagi mirip sebuah makam. Hanya terlihat nisan putih yang menandakan jika di sana beristirahat seorang pangeran. Pada bagian atas nisan, ada marmer putih bertuliskan ‘Di sini istirahat sepanjang masa, Pangeran Kuningan (Adipati Jayakarta), 1449-1579’.

Viral Video Jenazah Diarak Warga Menggunakan Motor Menuju Pemakaman

"Sering ada yang datang ke sini buat ziarah. Tadi saja ada seorang budayawan datang, menebarkan bunga pada pagi tadi," ujar Mawardi, petugas keamanan Gedung Telkom saat berbincang dengan VIVA.co.id, di kawasan Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Senin, 26 Desember 2016.

Meski hanya sekadar menjadi sekuriti di Gedung Telkom, namun Mawardi tahu banyak soal sosok Pangeran Kuningan. Informasi itu ia dapat dari warga sekitar, hingga buah dari berburu asal-usul dengan berselanjar di jagat maya. Kata Mawadi, Pangeran Kuningan merupakan pahlawan asal Kuningan, Cirebon, Jawa Barat, yang banyak berjasa buat bangsa dan negara.

Geger Banyak Kuburan di Tengah Tol Nagrak Cibubur, Netizen: Serem Ya...

"Beliau termasuk pahlawan besar yang menyebarkan agama Islam. Tak heran kalau kawasan Kuningan ini diambil dari namanya," ujar Mawardi, yang tengah melaksanakan shift pagi.

Makam Pangeran Kuningan di Komplek Gedung Telkom Ladmark Tower.

Nisan sederhana makam Pangeran Kuningan. Foto: VIVA.co.id./Bobby Agung

Mawardi menyuarakan warga sekitar berharap, agar ke depan makam Pangeran Kuningan dapat diurus dengan layak. Sebab, banyak pihak yang miris melihat kondisinya saat ini. "Semoga diperlakukan sepantasnya saja, kasihan kan beliau pahlawan besar. Ini baru diberi atap saja oleh pekerja bangunan," tutur dia.

Sementara itu, berdasarkan sejumlah literasi soal Adipati Jayakarta alias Pangeran Kuningan, dia merupakan sosok yang berusaha merebut Pelabuhan Sunda Kelapa dari jajahan Portugis kala itu. Setelah berhasil, Pangeran Kuningan menetap di sebuah desa yang dipenuhi hutan lebat dan rawa-rawa. Masyarakat kini mengenalnya sebagai Kuningan, Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya