Menhub Pasrahkan Jumlah Penumpang Kapal Zahro pada KNKT

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id / Chandra Gian

VIVA.co.id - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumardi bekerja sama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi, atau KNKT, untuk memastikan jumlah penumpang yang menjadi korban kebakaran kapal wisata Zahro Express pada Minggu pagi, 1 Januari 2017.

Setiap Hari Ada Kecelakaan, Tol Tangerang Merak Masuk Dalam Kategori Rawan

"Nanti, KNKT akan melakukan klarifikasi berkaitan dengan itu (perbedaan jumlah penumpang)," kata Menteri kepada wartawan saat ditemui di RSPAD Gatot Subroto Jakarta pada Senin 2 Januari 2016.

Jumlah penumpang yang simpang siur itu, kata Menteri, akan dipastikan KNKT, karena sekarang menjadi kewenangannya untuk memberikan klarifikasi. 

Identitas 8 Turis Asing yang Terombang-ambing di Laut Mentawai

Data manifes pada Kesyahbanadaran dan Otoritas Pelabuhan mencatat penumpang hanya berjumlah 100 orang. Sedangkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat, jumlah penumpang kapal itu ada 253 orang.

Jumlah 253 orang itu meliputi penumpang yang dinyatakan hilang sebanyak 17 orang, sedangkan jumlah korban 17 orang. Sebanyak 194 penumpang dipastikan selamat.

Kesimpulan Sementara KNKT Penyebab Kecelakaan Maut Bus di Bantul

"KNKT yang akan investigasi, mendapatkan angka-angkanya itu, baik yang di data manifes maupun yang ada di kapal itu sendiri (ditemukan)," ujar Menteri. (asp)

Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Ngeri, 5 Korban Tewas Setelah Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Sedikitnya lima orang tewas dan seorang awak kapal terluka pada hari Kamis, 24 Februari 2024 ketika sebuah kapal kargo menabrak sebuah jembatan di wilayah Cina selatan.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024