Debat Kandidat Pilkada

Anies Ingatkan Timnya Tak Perlu Cari Bocoran ke Panelis

Anies Baswedan melakukan persiapan jelang debat
Sumber :
  • Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berharap, Komisi Pemilihan Umum Daerah mampu menghadirkan panelis berintegritas.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Menurutnya, menjadi seorang panelis perlu memiliki integritas tinggi. Sebab, di saat acara, atau debat dilaksanakan, berbagai pihak dari yang bersangkutan akan mencari panelis tersebut untuk dimintai konfirmasi soal bahan-bahannya.

"Saya pernah jadi panelis tunggal debat Capres, itu debat pertama kali yang diadakan. Saya mengalami sebelum acara itu, semuanya menelepon, semuanya minta (bahan)," kata Anies di kawasan Cipinang, Jakarta Timur, Selasa 3 Januari 2017.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

Bahkan, demi memberikan panelis yang berintegritas, maka pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat itu menyarankan, agar panelis terpilih disumpah untuk berjanji menjaga kerahasiaan.

"Kalau soal pertanyaannya, nah publik bisa menilai. Tetapi, soal integritas, saya harap KPUD mencari orang yang berintegritas, kalau perlu disumpah untuk berjanji bahwa akan menjaga kerahasiaan segalanya yang terkait dengan pertanyaan dialog," kata Anies.

PAN Jakarta Tak Masalah Kaesang Maju Pilgub DKI: Semua Punya Hak

Meski begitu, mantan rektor Universitas Paramadina itu meminta kepada timnya, agar tidak mencari tahu maupun menelepon pihak panelis untuk bertanya-tanya terkait debat yang akan dilangsungkan KPUD DKI pada 13 Januari 2017.

"Jadi, saya membayangkan semua panelis besok itu akan mengalami itu (ditelepon). Saya minta kepada tim tidak boleh tanya, tidak boleh telepon, enggak usah tanya," ujarnya. (asp)

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Serentak 2024. Sejumlah partai.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024