Sisi Lain Tradisi Imlek, Mandi 7 Sumur Vihara Gayatri

Tujuh sumur di Vihara Gayatri Depok dikunjungi saat Imlek
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Pada perayaan Imlek, para warga keturunan Tionghoa dari berbagai daerah mendatangi Vihara Gayatri di Cilangkap, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat. Salah satu tujuannya ialah mandi di tujuh sumur keramat.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Tujuh sumur yang dianggap keramat oleh sejumlah keturunan Tionghoa itu lokasinya berada di dalam kompleks vihara. Beberapa dari mereka bahkan ada yang sengaja datang dari luar kota Depok.

"Tiap tahun kami pasti ke sini, mencari berkat. Ya salah satu tempat yang buat kami wajib kunjungi ya tujuh sumur ini," ucap Apoh, warga Tanggerang saat ditemui VIVA.co.id di Depok, Jawa Barat, Sabtu 28 Januari 2017.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Apoh tak sendiri, dia juga mengajak serta dua anak dan istrinya untuk ikut mandi di sumur tersebut. Hal senada juga diungkapkan, Meiling, warga Bogor, Jawa Barat. Selain mandi, warga yang datang juga melemparkan koin ke dalam sumur. Alhasil, koin-koin itu pun tampak menumpuk di dasar sumur.

"Kami berharap tahun ini dimudahkan segala urusannya. Ya semoga kita senantiasa diberkahi dan diberi kedamaian," katanya.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Tujuh Sumur

Salah satu keistimewaan vihara ini adalah keberadaan tujuh sumur tersebut. Menurut Darmawan, pengurus Vihara Gayatri, tujuh sumur itu ditemukan oleh ibunya sekitar tahun 1984 silam.

"Itu dahulu ibu saya yang menemukan. Dia dapat petunjuk dari mimpi," kata Darmawan.

Mereka yang mandi sumur itu tidak selalu pada saat Imlek namun pada hari biasa juga menurutnya banyak yang sengaja datang untuk mandi.

"Ya banyak yang datang, ada yang dari Bandung dan daerah lainnya. Bukan cuma warga Depok," ujarnya.

Konon tujuh sumur yang memiliki nama tersendiri itu memiliki khasiat yang berbeda-beda. Tujuh sumur itu yakni  sumur Sri Ningsih dipercaya untuk menerangkan lahir batin, sumur Sri Waras dipercaya manjur untuk harapan sehat dan sentosa, sumur Sri Lungguh untuk kedudukan derajat, sumur Sri Kunaratih Kumadjaya untuk cari jodoh, sumur Sri Rezeki guna usaha cari rezeki kemudian sumur Sri Pontjo Warno untuk tolak malapetaka dan yang terakhir, sumur Dewi Sri Mulyasari untuk pengobatan.

Ketujuh sumur ini jaraknya berdekatan dengan posisi berdampingan. Hingga berita ini diturunkan, vihara tersebut masih ramai dikunjungi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya