Ahok: Sylvi Salah Satu PNS yang Tak Mengerti Semua Urusan

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id - Calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mengungkit kasus masa lalu Sylviana Murni, calon wakil gubernur Ibu Kota yang berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Sylviana, kata Ahok, punya masalah besar saat bertugas sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Badan Pembina Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (BP7).

Ahok tak menjelaskan dengan rinci masalah Sylviana. Dia hanya memberikan petunjuk bahwa Sylviana kala itu pernah distafkan, istilah yang lazim digunakan untuk menyebut seorang pejabat yang diturunkan jabatannya sebagai staf karena pertimbangan tertentu.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

"Coba bayangin, zaman dahulu saja PNS tidak ada kesalahan besar mungkin distafkan. Lalu kenapa Bu Sylvi pernah distafkan waktu di BP7. Ada kasus apa. Coba tanya," ujar Ahok usai menghadiri acara Pembekalan Penggerak Militan Wanita Ka'bah Partai Persatuan Pembangunan di halaman Masjid Al Huda, Menteng, Jakarta, pada Minggu, 29 Januari 2017.

Ahok mengkritik klaim Sylviana yang mengaku menguasai birokrasi karena berpengalaman sebagai PNS selama 30 tahun. Namun kasus saat di BP7 itu, katanya, membuktikan bahwa klaim Sylviana sesungguhnya tak sepenuhnya benar.

Komjen Dharma Pongrekun Konsultasi Syarat Cagub Perseorangan ke KPU DKI

"Makanya, jangan mengklaim pengalaman sudah lama, terus (bilang) saya menguasai birokrasi. Enggak," katanya.

Dia berpendapat, setelah era reformasi pada 1998, birokrasi telah mengalami perubahan, terutama pola-pola kerja PNS. Dia meragukan Sylviana memahami seluk-beluk birokrasi, terutama sekarang. "Saya kira Mpok Sylvi salah satu PNS yang tidak mengerti semua urusan."

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Januari 2024

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan partainya tidak mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Partai

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024