Pengamat: Anies Menyerang Ahok dengan Logika

Tiga pasangan peserta Pilkada DKI 2017 saat mengikuti debat kandidat putaran kedua di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2017).
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Debat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua yang digelar pada Jumat 27 Januari 2017 lalu mendapat perhatian khusus dari pengamat politik dari UIN, Pangi Swari Chaniago. Menurutnya, masing-masing kandidat punya keunggulan.

Tahapan Pilkada Jakarta 2024: Pendaftaran Paslon Dibuka 27 Agustus

Pangi Swari Chaniago juga menyoroti aksi sang petahana, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang berhasil mencairkan suasana dengan melerai 'keributan' yang terjadi antara Sylviana Murni dan Anies Baswedan.

"Debat kemarin lebih ke saling serang antar paslon. Namun ada hal menarik yaitu perilaku Ahok yang melerai antara Anies dan Sylvi saat keduanya saling bertanya. Itu menarik sisi positif suasana jadi cair," kata Pangi ketika dihubungi VIVA.co.id.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Namun Pangi juga menilai cagub Agus dan Anies mempunyai kelebihan dengan memainkan panggung karena menyerang Ahok-Djarot dengan logika.

"Kemarin memang yang paling lihai adalah Anies karena menyerang dan memainkan logika-logika, dia bilang wajar itu dan tidak patut dibanggakan,” katanya.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Sedangkan untuk Agus, ia juga memuji penampilan putra SBY ini. Menurutnya Agus bagus karena pada debat pertama sempat meragukan. “Dia tidak terbiasa debat tapi keraguan itu dipatahkan logika retorika dan komunikasinya baik," katanya.

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya Golkar dan juga partai Gerinda sepakat rekomendasikan nama Ridwan Kamil Sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta.

Golkar dan Gerindra Sepakat Rekomendasikan Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI

Golkar dan Gerinda sepakat rekomendasikan nama Ridwan Kamil Sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024