Polri Sebut Pilkada DKI Putaran Kedua Berpotensi Lebih Panas

Ilustrasi surat suara pilkada serentak
Sumber :
  • ANTARA/M Risyal Hidayat

VIVA.co.id – Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta diperkirakan akan berlangsung dua putaran.  Hal itu merujuk dari hasil quick count atau hitung cepat sejumlah lembaga survei yang menunjukkan belum ada pasangan meraih suara lebih dari 50 persen.

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

Mengenai hal itu, Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Polisi Boy Rafli Amar, menyebutkan, ada potensi lebih “panas” di Pilkada DKI putaran kedua. Hal ini dia ungkapkan karena Polri tidak ingin underestimate terhadap kerawanan di putaran kedua ini.

"Ada, hal itu ada. Ya lebih panas dari putaran pertama. Potensi itu harus dikataan jujur ada. Kami tidak boleh mengatakan tidak ada atau underestimate," kata Boy di Mapolres Metro Tangerang Kota, Kamis, 16 Februari 2017.

4 Jenderal Polri Kompak Bareng Wartawan dan Polwan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan

Adapun bentuk kerawanan tersebut, kata Boy, terjadi dari berbagai aspek, baik pelanggaran kampanye maupun pelanggaran tindak pidana. "Pelanggaran tindak pidana pemilu sendiri dengan kegiatan money politic, masalah intimidasi, masalah kampanye hitam, yang mengarah pelanggaran hukum di dunia maya," ujarnya. 

"Cuma kami optimis tingkat kedewasaan masyarakat dalam berdemokrasi sudah semakin bagus," Boy menambahkan.

Ganjil Genap Tidak Diterapkan bagi Kendaraan ke Merak Saat Mudik, Polri Ganti dengan Sistem Ini

Ia meminta peran serta elite partai politik dan tokoh masyarakat agar menyejukkan suasana jelang putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. Dari sisi personel kepolisian, mantan Kapolda Banten ini mengatakan, pihaknya menyiapkan jika ada permintaan personel tambahan.

"Ada penambahan personel. Seperti di Banten dan di DKI pasti akan ada. Termasuk di Banten ini perbantuan TNI ini akan diperkuat lagi. Terutama dari Kodam Jaya," katanya. (one)

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandhani Rahardjo Puro

Polri Bakal Keluarkan Red Notice 2 Tersangka TPPO Ribuan Mahasiswa ke Jerman

Polri menegaskan bakal memburu para tersangka. Dalam kasus itu, polisi sudah lima tersangka yang semuanya WNI.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024