Selain Banjir, Longsor Juga Merusak Rumah Warga Depok

Sebuah rumah di Jalan Kutai II, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, rusak parah akibat longsor pada Selasa, 21 Februari 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id - Ratusan rumah di Kota Depok, Jawa Barat, kebanjiran akibat hujan deras dan lama pada Selasa pagi, 21 Februari 2017. Hujan sejak Selasa dini hari itu juga menyebabkan longsor.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Sebuah rumah di Jalan Kutai II, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, rusak berat gara-gara longsor. Rumah itu nyaris ambruk dan jatuh ke dasar tebing rendah di bawahnya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Menurut Sukarsih, seorang saksi mata sekaligus penghuni rumah, peristiwa longsor terjadi saat hujan deras sekira pukul 06.30 WIB. Di dalam rumah itu ada tujuh orang.

Mengenal Margonda, Pejuang Depok yang Gugur di Usia Muda

“Pas kejadian saya lagi di belakang, lagi bersihin ayam. Tiba-tiba rumah bergetar, terus bunyi riuh kayak gempa sekitar 10 menit. Enggak lama, tanah langsung longsor ke bawah perumahan. Untung kita semua selamat,” katanya.

Tumpukan tanah longsoran itu menutupi sebagian jalan di permukiman elite Pesona Khayangan Depok. Sukarsih dan warga lain di atas permukiman elite itu berharap ada upaya perbaikan dari pemerintah setempat. Terlebih, peristiwa serupa juga terjadi pada tahun lalu.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

“Kita berharap tanah tebing ini diturap sama warga kompleks. Soalnya tahun lalu juga kejadian kayak gini. Untung enggak ada korban,” kata tetangga Sukarsih, Indi Erwandi.

Hingga berita ini dipublikasikan, sejumlah petugas TNI, Polri, dan Pemerintah Kota Depok berupaya membersihkan material longsor itu. (one)

Operasi penindakan praktik pungli parkir di Terminal Depok

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Empat orang diamankan diduga melakukan praktik pungutan liar (pungli) di Terminal Terpadu Depok Baru. Keempat orang itu diamankan oleh Tim Saber Pungli pada Jumat, 19 Apr

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024