Tanggul Jebol, Air setinggi 1,5 meter Rendam Pemukiman Warga

Banjir di Bekasi akibat tanggul yang jebol
Sumber :
  • Viva.co.id/Deni

VIVA.co.id – Tanggul aliran Kali Cakung sepanjang 10 meter yang terletak di Perumahan Harapan Baru, Kelurahan Kota Bau, Kota Bekasi, jebol, Selasa 21 Februari 2017. Air mengalir sangat deras, dengan ketinggian hingga 1,5 meter.

152 Sekolah di Bekasi Terdampak Banjir, Banyak Mebeler Rusak

Warga Perumahan Harapan Baru, Ermiati mengatakan, sebenarnya air sudah menggenangi pemukiman penduduk sejak Minggu lalu, 19 Februari 2017. Ketinggiannya ketika itu hanya 30 sentimeter.

Namun, pada Selasa 21 Februari 2017, pukul 15.00 tanggul aliran sungai Kali Cakung itu jebol. Kejadian itu membuat warga terkejut. Hingga akhirnya mereka memilih menyelamatkan diri. Sebab, arus air sangat deras. “Beruntung, tidak ada korban jiwa,” katanya.

Tumpukan Mobil 'Korban' Banjir di Bekasi Dievakuasi Kendaraan Offroad

Bahkan, kata Ermiati, warga sekarang sudah banyak yang mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi. Mereka menghindari air yang kemungkinan meluas dan dapat membahayakan seluruh warga. “Kalau hanya genangan seperti kemarin, kami masih bertahan. Tetapi, kalau sekarang saya memilih mengungsi,” ujarnya.

Hal serupa juga dikatakan, warga lainnya Ahmad Rohelmi, 46 tahun. Sebenarnya, tanggul yang jebol itu sempat diperbaiki oleh pemerintah daerah. “Perbaikannya pada tahun 2012 lalu, ketika banjir menerjang satu meter juga. Makanya, ketika itu juga tanggul diperbaiki,” ujarnya.

Minim Perahu Karet di Lokasi Banjir, Becak Laku Keras di Bekasi

Ahmed meyakini, banjir yang melanda pemukiman warga ini siklus lima tahunan. Padahal, kondisi Perumahan tersebut tidak pernah mengalami banjir, setelah perbaikan tanggul tersebut. “Sederas apapun hujan di sini, tidak pernah banjir. Baru ini saja, kembali banjir,” tuturnya. (asp)

Sungai di Bekasi

Sungai di Bekasi Bakal Dipasang Sirine Peringatan Dini Banjir

Sejauh ini sistem peringatan dini sebatas radio dan WhatsApp.

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2020