Begini Rekayasa Lalu Lintas Sambut Raja Salman

Persiapan Indonesia Menjelang Kedatangan Raja Salman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id – Menyambut kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia, persiapan pengamanan sudah dilakukan. Termasuk pengamanan lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Pamer Foto Diundang Raja Arab, Anies Dinilai Ingin Dapatkan Efek Elektoral

Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto mengatakan, saat Raja Salman tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Polda Metro akan menutup jalan yang dilalui, sehingga jalur yang akan dilewati Raja Salman akan lancar dan aman.

"Untuk pengaturan di wilayah Jakarta, sesuai protap (prosedur tetap) tamu negara setingkat kepala negara prioritas dan steril. Pada saat melewati simpang arus yang berlawanan dan menimbulkan crossing akan kami tutup," ujar Budiyanto saat dikonfirmasi, Selasa 28 Februari 2017.

Pengamat Nilai Anies Manfaatkan Momen Jamuan Raja Salman untuk Pilpres

Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, Budiyanto memastikan perjalanan Raja Salman ke beberapa tempat di ibu kota akan berlangsung aman.

"Jalan yang akan dilewati kami pastikan aman, tidak ada hambatan dan rintangan yang dapat mengganggu perjalanan," kata Budiyanto.

Sama-sama Dijamu Raja Arab, Berikut Perbedaan Respons Anies dan Ganjar di Media Sosial

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono juga mengatakan, untuk pengamanan di Jakarta, polisi akan berada di ring empat pengamanan untuk menjaga rute dan jalur yang akan dilewati Raja Salman.

"Nanti kepolisian ada di ring empat, artinya bahwa polisi di luar lokasi sama di jalur (dilalui rombongan Raja Salman). Ini nanti masih dikoordinasikan kembali rute-rute yang akan dilalui mulai dari Halim, rencana akan ke Istana Bogor dan kembali ke Jakarta," ucap Argo.

Untuk diketahui, Raja Salman akan membawa rombongan dalam jumlah besar saat melakukan kunjungan ke Indonesia. Sedikitnya 1.500 orang akan diboyong ke Indonesia. Raja Salman juga mengajak serta 10 menteri dan 25 pangeran.

Rencananya, pada 1-3 Maret, Raja Salman akan melakukan kunjungan kenegaraan di Jakarta. Kemudian, pada 4-9 Maret, Raja Salman akan berlibur di Bali.

Kunjungan ke Indonesia ini adalah yang pertama kali dilakukan Raja Arab Saudi sejak 1970. Selain itu, lawatan ini merupakan kunjungan balasan, karena sebelumnya Presiden Jokowi mengunjungi Arab Saudi pada 2015. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya