Raja Salman Datang, Polisi Terapkan Sistem Buka Tutup

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud.
Sumber :
  • REUTERS/Hamad I Mohammed/File Photo

VIVA.co.id - Raja Saudi Arab, Salman bin Abdulaziz al Saud, akan tiba di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 1 Maret 2017. Polda Metro Jaya akan menerapkan rekayasa lalu lintas demi kelancaran dan kenyamanan kedatangan tamu negara tersebut.

Raja Salman Sukses Jalani Operasi Kantung Empedu

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Indar Jafar mengatakan, jalur yang akan dilalui oleh Raja Salman akan diterapkan sistem rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup. Sistem itu dilakukan secara situasional yakni saat rombongan lewat.

"Polanya buka tutup, kami tutup saat Raja Arab melintas. Kami tidak mau ambil risiko karena banyak pembangunan infrastruktur jalan. Tapi sementara sifatnya, kalau sudah lewat ya kami buka lagi," kata Indra di Mapolda Metro Jaya, Jakarta.

Ini Kelemahan Sedan Mercy Eks Rombongan Raja Salman

Indra menjelaskan, bahwa Raja Salman akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sekitar pukul 12.30 WIB. Dari Bandara Halim rombongan akan menuju ke Istana Bogor, Jawa Barat, dengan melalui Cawang kemudian belok ke kiri masuk tol langsung menuju Bogor.

"Jam 12.30 WIB mendarat di Halim, jadi yang dilintasi itu Halim Cawang belok kiri, masuk tol terus. Di Bogor juga beberapa ruas jalan akan ditutup," ujarnya.

Mau Beli Mercy Bekas Rombongan Raja Salman, Ini Harganya

Indra menambahkan, kepolisian juga akan mengamankan setiap simpang susun di tol yang dilewati oleh rombongan Raja Salman.

"Kami juga mengamankan pelintasan seperti interchange karena takut dimanfaatkan oleh orang-orang berbahaya," ujar Indra.

Raja Salman membawa rombongan dalam jumlah besar saat melakukan kunjungan ke Indonesia. Sedikitnya 1.500 orang diboyong ke Indonesia. Raja Salman juga mengajak serta 10 menteri dan 25 pangeran.

Rencananya, pada 1-3 Maret, Raja Salman akan melakukan kunjungan kenegaraan di Bogor dan Jakarta. Saat di Jakarta, ia akan mengunjungi Masjid Istiqlal pada 2 Maret 2017. Kemudian, pada 4-9 Maret, Raja Salman akan berlibur di Bali.

Kunjungan ke Indonesia ini adalah yang pertama kali dilakukan Raja Arab Saudi sejak 1970. Selain itu, lawatan ini merupakan kunjungan balasan, karena sebelumnya Presiden Jokowi mengunjungi Arab Saudi pada 2015. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya