Ahok Minta Perkarakan Saja Jika Tanah Negara Jadi Mal

Ahok saat mengunjungi korban kebanjiran di Cipinang Melayu, Senin 20 Februari 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Anwar Sadat

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama  menantang Anies Baswedan untuk membuktikan pernyataannya bahwa ada tanah negara yang dijadikan pusat perbelanjaan (mal) di Jakarta. 

Soal Perkembangan Sirkuit Formula E, Wagub: Cek Langsung ke Lokasi

Dia pun menyarankan, Anies melaporkan ke penegak hukum atau pihaknya apabila mengetahui hal tersebut.  "Makanya saya bilang kalau sampai ada pelanggaran laporin, " kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis 2 Maret 2017. 

Ia mengatakan, jika pernyataan Anies itu sesuai fakta, pihak swasta yang dianggap sebagai pengelola mal pun bisa disebut sebagai pelanggaran pidana. Untuk itu dia meminta, Anies yang juga maju sebagai calon gubernur DKI itu untuk membukanya ke publik.

Banyak ASN Kementerian Ingin Jadi Pegawai DKI, Ini Respons Anies

"Kalau sampai ada tanah negara dipakai swasta dan bikin mal, itu bisa pidana," ujarnya. Pernyataan Ahok ini senada dengan apa yang disampaikan wakilnya Djarot Saiful Hidayat.

Saat dimintai konfirmasi pada Selasa 28 Februari 2017, Djarot mengatakan sejak Jakarta dipimpin oleh Jokowi kemudian diteruskan oleh Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur, Pemprov DKI tak pernah mengeluarkan izin bagi swasta untuk mendirikan mal.

Target Anies: 2050, Jakarta Nol Emisi Karbon

"Gak tahu aku. Apa lahan negara dijadikan mal itu di Plaza Senayan mungkin. Tapi tunjukkan saja. Zaman kami ada tidak ada lahan negara dimanfaatkan untuk mal," kata Djarot.

Sebelumnya, calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasa tak suka programnya tentang aturan uang muka rumah nol persen ditentang banyak pihak. Hal itu kemudian ia lontarkan, kepada Pemerintah DKI Jakarta dengan menyebut banyak lahan negara dijadikan tak sesuai fungsi, justru tak diributkan. Meski tak menyebut jelas, Anies mengatakan ada lahan negara di Jakarta dijadikan mal.  (one)

Presiden Jokowi, Ketua MPR dan Para Menteri yang Bermalam di Titik Nol IKN

Kemah Jokowi dan Tanah Gusuran Ahok di IKN

Presiden Jokowi, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan sejumlah menteri kabinet ikut bermalam di tenda yang ada di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022