Aksi Walk Out Ahok-Djarot, Ketua KPUD: Ini Kesalahpahaman

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno (kiri) menyerahkan nomor urut kepada tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI nomor urut dua Charles Honoris (kedua kanan) dan Ace Hasan Syadzily (kanan) saat rapat pleno terbuka di Jakarta, Sabtu (4/3).
Sumber :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta Sumarno mengatakan ada sedikit kesalahpahaman yang membuat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur petahana, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat (Djarot) memutuskan untuk meninggalkan acara penetapan pasangan calon putaran dua Pilkada DKI Jakarta.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

"Sebenarnya tidak molor. Kami kan tidak tahu bahwa pak Ahok dan pak Djarot sudah datang, karena ruangan yang disiapkan itu ruangan VIP yang di sebelah itu belum ada Ternyata beliau ada di ruangan lain. Itu memang ketidaktahuan kami," ujar Sumarno di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Sabtu, 4 Maret 2017.

Meski demikian, ia menyebut tidak masalah pasangan calon tidak hadir dalam acara penetapan putaran dua Pilkada DKI. Tim dari pasangan urut nomor dua tersebut tetap menghadiri acara penetapan putaran kedua Pilkada DKI tersebut.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

"Ini hanya masalah kesalahpahaman saja. Jadi tadi mestinya beliau hadir di ruangan yang sudah disediakan, ternyata memang ada di ruangan lain, sehingga KPU kan tidak tahu bahwa beliau sudah hadir. Kita juga sudah nunggu kok, saya datang lebih awal. Ada kesalahpahaman," kata dia.

Sebelumnya, paslon Ahok-Djarot memilih untuk meninggalkan lokasi acara yang dibuat KPUD. Ini lantaran paslon tersebut memiliki agenda lain, dan telah menunggu serta menganggap KPUD DKI tidak sesuai jam dalam membuat acara.

PAN Jakarta Tak Masalah Kaesang Maju Pilgub DKI: Semua Punya Hak
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Serentak 2024. Sejumlah partai.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024