Sudah Lima Truk Kulit Kabel Diangkut dari Gatot Subroto

Pengangkutan sampah kulit kabel dari gorong-gorong Jalan Gatot Subroto, Jakarta.
Sumber :
  • istimewa

VIVA.co.id – Setidaknya sudah lima truk berukuran kecil mengangkut sampah kulit kabel yang ditemukan petugas gabungan dari Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Selain kulit kabel, ditemukan juga batu-batu berukuran besar, pipa paralon dan kayu yang diduga menjadi penyebab banjir di depan gedung Wisma Mulia, pada Kamis, 2 Maret 2017 lalu.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Menurut Lurah Kuningan Barat, Erwin Lobo, khusus hari ini, Minggu, 5 Maret 2017, ada sekitar` 2 truk kecil kulit kabel dan sampah lain ditemukan dari gorong-gorong di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, tepatnya di depan Gedung Capital Place hingga Museum Satria Mandala.

"Satu setengah truk kecil (sampah yang didapat)," kata Erwin ketika dihubungi VIVA.co.id, Minggu, 5 Maret 2017.

Pengecekan saluran di gorong-gorong Jalan Gatot Subroto sudah dimulai sejak Jumat, 3 Maret 2017 lalu. Pengecekan sampah dilakukan dari gorong-gorong yang terletak di depan Wisma Mulia Jalan Gatot Subroto. Di sana, pasukan oranye dan pasukan biru mendapatkan  2 truk kecil sampah kulit kabel.

"Satu setengah truk lebih kulit kabel depan Wisma Mulia hari Jumat kita angkut," katanya.

Kemudian, pada hari Sabtu 4 Maret 2017, di gorong-gorong depan Menara Jamsostek, Jalan Gatot Subroto, ada dua truk kecil sampah kulit kabel juga diangkut. Kulit kabel yang ditemukan dari tiga titik digorong-gorong itu dipastikan membuat genangan di jalan raya karena terhambat masuk saluran.

"Salah satunya ini dengan adanya kulit kabel terjadi hambat aliran air. Jadi air yang di jalan raya turun ke bawah (saluran) jadi terhambat," katanya.

Sementara itu, kepolisian mengaku akan memantau soal temuan sampah kulit kabel tersebut. Ia akan menurukan anggotanya guna menyelidiki soal temuan sampah kabel itu apakah adanya tindak pidana atau tidak seperti temuan sampah kabel tahun 2016 lalu di kawasan Jakarta Pusat.

"Kami selidiki dulu, saya juga pernah tangani kasus serupa saat saya masih di Polda," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Iwan Kurniawan.

Pada tahun 2016 lalu, sempat ditemukan sampah kulit kabel menyumbat di gorong-gorong yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan yang diduga sebagai penyebab banjir di kawasan ring 1 ibukota. Bahkan temuan disana berujung pada ditangkapnya sejumlah orang yang ternyata merupakan pelaku kejahatan atas pencurian isi kulit kabel. Lebih dari itu, kasus pencurian isi kabel itu bahkan juga mengindikasikan adanya dugaan tindak pidana korupsi dalam pemeliharaan saluran air di ibukota Jakarta.
 

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut
Intensitas hujan tinggi meyebabkan banjir landa beberapa wilayah Jakarta

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Hujan deras guyur Jakarta sepanjang Rabu menyebabkan banjir di sejumlah wilayah. Dari update data BPBD Jakarta, genangan banjir masih ada Kamis pagi ini.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024