Mengenal Si Luna, Penjaga Buas di Rutan Cilodong

Kepala Rutan Cilodong, Sohibur Rachman memantau keamanan.
Sumber :

VIVA.co.id – Sistem pengamanan di Ruman Tahanan (Rutan) Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, benar-benar ekstra ketat. Bagaimana tidak, rutan itu kini tak hanya dijaga sipir. Tapi juga dijaga oleh binatang buas.

Viral Buaya 4 Meter Jadi Tontonan Warga

Menurut Kepala Rutan Cilodong, Sohibur Rachman, ada dua jenis binatang buas yang ditempatkan di rutan berkapasitas 1000 tahanan itu. Yakni, buaya dan anjing.

Buaya penjaga rutan bernama Luna. Buaya ini sangat ganas karena berasal dari jenis buaya muara. Luna didapatkan dari Pulau Nusakambangan di Cilacap, Jawa Tengah.

Viral Pria Dimakan Buaya di Tempat Ada Buaya

"Saya mendapatkan Luna  beberapa waktu lalu. Itu hibah dari kawan. Sengaja saya taruh di sini untuk menambah kekuatan pengamanan dengan jumlah personel yang sangat terbatas," kata Sohibur kepada VIVA.co.id di Depok, Kamis, 9 Maret 2017.

Sohibur menuturkan, Luna ditempatkan halaman di tepi tembok dekat perbatasan antar blok ruang tahanan. Lokasi itu dipilih karena tembok rawan dijadikan jalan bagi tahanan untuk melarikan diri.

Bobby Nasution Buka-bukaan, Puan Kesal hingga Wadas Bak Kota Mati

"Ini untuk mengantisipasi jika ada yang berusaha kabur dengan cara lompat tembok," ujar Sohibur.

FOTO: Luna bergerak dekat tembok.

Luna dipastikan tidak akan mengganggu orang lain selain tahanan yang kabur. Karena, lokasi tempat Luna berada diamankan dengan pagar besi. Pihak rutan juga menyediakan kolam ikan untuk Luna.

"Untuk ikan kita punya kolam sendiri, enggak jauh dari lokasi Luna. Tadi saya juga dapat kabar ada yang ingin menghibahkan buaya ke kita, ya nanti akan kita bicarakan," katanya.

Selain Luna, ada dua ekor anjing buas jenis Doberman yang ditempatkan di rutan ini. Anjing akan ditempatkan di halaman rutan.

Sohibur mengatakan, Luna dan kedua anjing dibawa ke rutan itu, sebagai solusi terbatasnya jumlah personel petugas keamanan.

"Dalam sehari hanya ada delapan anggota sipir yang berjaga, itupun dibagi dua tim antara
malam dan siang. Tapi kita juga dapat dukungan dari rekan-rekan TNI dan Polri dalam hal ini Polres
dab Kodim," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya