Kesal Kebanjiran, Warga Bekasi Segel Kantor Pengembang

Warga di Bekasi Selatan memasang segel di kantor Pengembang Perumahan Cikas, Sabtu (18/3/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani

VIVA.co.id – Sejumlah warga Pekayon Jaya Bekasi Selatan menyegel kantor pemasaran milik Perumahan Taman Cikas yang menjadi kawasan tinggal mereka. Ini dilakukan sebagai bentuk kekesalan warga atas kejadian banjir yang merendam permukiman mereka pada Sabtu, 18 Maret 2017.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

"Kami sudah lelah dengan janji-janji developer Perumahan Taman Cikas," kata Firman (38 tahun), salah seorang warga.

Menurutnya, tuntutan warga hanya meminta pertanggungjawaban pihak developer atas banjir di rumah warga. "Saya beli rumah di sini tidak murah. Karena janjinya tidak banjir. Tapi kenyataannya sekarang mana, malah air merendam rumah kita sampai 1 meter," ujarnya.

Warga Dikejutkan Penemuan Mayat Bayi Laki-laki di Kali Cikeas

Banjir saat ini bukan yang pertama, menurutnya, banjir sempat merendam rumah warga pada 20 Februari 2017 lalu. Namun, hingga banjir kedua, pihak developer PT Ciskada, tidak ada tanggungjawabnya. "Ke mana mereka, saat kami direndam banjir."

Firman mengaku, banjir yang baru terjadi dikarenakan mesin sedot milik developer tidak berfungsi. Dan setelah ditelusuri, ternyata mesin itu tidak memiliki bahan bakar.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

"Warga ingin aset perumahan segera diserahkan ke pemerintah daerah. Jadi penanganan drainase ditangani oleh keuangan daerah," ucapnya.

Sejauh ini, kata Firman, pihak developer enggan menyerahkan fasilitas sosial dan fasilitas umum ke Pemerintah Kota Bekasi. Mereka berdalih masih akan melakukan pembangunan.

"Masa kami disuruh nunggu mereka bangun, sementara kami ditimpa banjir terus," ujarnya.

Aksi penyegelan kantor developer oleh warga akhirnya diturunkan. Setelah melakukan dialog dengan unsur kepolisian, warga pasrah papan segel yang dibuatnya harus dicabut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya