Pilkada DKI 2017

DKI Pertimbangkan Peserta UN Libur pada Hari Pemilihan

Direktur Jenderal Otonomi Daeah Kemendagri Sumarsono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eduward Ambarita

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mempertimbangkan akan meliburkan pelajar pada saat hari pemungutan suara, Rabu, 19 April 2017. 

Sepenggal Kisah Awak KRI Nanggala Raih Nilai Sempurna Ujian Fisika SMA

Namun, hari pemungutan suara itu bertepatan dengan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) serentak di seluruh Indonesia bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. 

"19 (April 2017) pilkada adalah libur. Karena itu program strategis nasional. Kalau UN berbarengan dengan pilkada, maka UN yang menyesuaikan," kata Plt Gubernur DKI, Sumarsono, di Balai Kota, Senin, 20 Maret 2017. 

Kemenag Tiadakan UN Bagi Madrasah, Ini Syarat Kelulusan Siswa

Sumarsono mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan meminta pendapat pemerintah pusat mengenai hal ini. Penetapan libur, kata pria yang akrab disapa Soni ini, bisa menyesuaikan tanggal lain untuk memastikan para pelajar yang umumnya pemilih pemula dapat menggunakan hak suaranya. 

"Tinggal UN-nya yang penyesuaian, bisa di depan, bisa di belakang. Tidak mungkin saat pilkada UN. Banyak pemilih pemula juga, jadi harus ditampung," ujarnya.

Ujian Nasional 2021 Ditiadakan, Ini Pengganti Syarat Kelulusan

Menurut jadwal, pelaksanaan UN dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) serentak dilaksanakan pada  April. Mereka akan dibagi dalam dua gelombang, yakni SMK pada 3-6 April 2017, sementara SMA/ setingkat seperti Madrasah Aliyah 10-13 April 2017. 

Sementara untuk UN susulan bakal dilaksanakan pada tanggal 18-19 April 2017. (one)
 

Ilustrasi ujian.

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses

Ujian Nasional (UN) merupakan momen penting bagi setiap pelajar. Persiapan yang matang dan strategis adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi ujian ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024