Djarot Kaget Dengar Penghuni Rusun Tunggak Sewa Rp1,3 Miliar

Suasana di salah satu rusun di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta non aktif, Djarot Saiful Hidayat, mengaku cukup terkejut dengan adanya tunggakan sewa rumah susun di Jakarta, yang nilainya mencapai satu miliaran rupiah.

Warga Terdampak Kebakaran TPA Rawa Kucing Bakal Dipindah ke Rusunawa

Menurut Djarot, dia akan segera mencari tahu penyebab penghuni rusun menunggak biaya sewa rusun.

Djarot mengatakan, dia akan mencari tahu penyebab masalah itu. Menurutnya, apakah penghuni benar-benar tidak mampu membayar atau tidak mau bergotong royong. Sebab, Djarot menilai warga yang tinggal dirusun telah diberi banyak berbagai macam subsidi. 

Government to Revitalize Marunda Flats After the Roof Collapsed

"Apa betul enggak mampu atau enggak mau gotong royong. Sekarang hitung saja, kalau dia penghuni rusun dia dapat KJP berapa nilainya. Kalau TransJakarta gratis," kata Djarot di sela kunjungannya di Palmerah, Jakarta, Selasa 21 Maret 2017. 

Menurutnya, rencana penghapusan denda bagi penunggak akan dikaji selepas cuti Pilkada DKI. Tapi dia berharap warga tak mengandalkan belas kasihan pemerintah. 

Atap Ambruk, Pemprov DKI Ungkap Rusun Marunda Blok C Sudah Tak Layak Huni

"Saya mau kita mendidik masyarakat supaya jadi masyarakat produktif. Bukan masyarakat yang mengandalkan belas kasihan" kata dia. 

Diberitakan sebelumnya, pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono mendapat laporan dari Dinas Perumahan dan Gedung Pemda, ada empat rusunawa yang penghuninya menunggak bayar uang sewa. Nilainya juga cukup besar. Tunggakan rusun bayar sewa ini Rp1,37 miliar," kata Sumarsono di Balai Kota, Senin, 20 Maret 2017. 

Sumarsono menuturkan, empat rusun yang penghuninya bermasalah dalam pembayaran uang sewa di antaranya, Rusun Marunda dengan nilai tunggakan sebesar Rp893 juta, Rusun Tipar Cakung Rp330 juta, Rusun Kapuk Muara Rp132 juta dan Rusun Penjaringan sebanyak Rp21 juta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya