Ketua Umum PBNU: Demo 313 Buang Energi Saja

Ketua Umum NU, Said Aqil Siroj.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj menilai rencana aksi 31 Maret yang dikenal 313 sebagai demo yang membuang energi. Tak hanya energi, Said Aqil mengatakan aksi 313 juga membuang pikiran dan waktu.

Said Aqil: Mahfud MD Profesor Ahli Tata Negara, Dulu Gus Dur Kagum pada Beliau.

"Ngapain demo, buang energi, tenaga, pikiran, uang dan waktu habis semua," kata Said Aqil dalam acara pelantikan dan hari lahir Muslimat NU ke-71 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Maret 2017.

Said Aqil menyarankan dengan cara yang lebih sederhana tanpa harus melakukan aksi demo turun ke jalan. Sarannya, kata dia, dengan menentukan hak suara pilihan pada hari pemungutan suara, 19 April mendatang.

Said Aqil Dukung Anies-Cak Imin, PKB: Bakal Menyatukan Suara Nahdliyin ke Amin

"Menurut saya gini lah, yang enggak senang Ahok enggak usah dipilih, yang enggak senang Anies ya enggak usah milih," ujarnya.

Maka, Said meminta meminta kepada seluruh kader Nahdlatul Ulama agar dapat membantu mensukseskan pesta demokrasi putaran dua Pilkada DKI 2017.

Doakan Ganjar Menang di 2024, Said Aqil: Islam Nusantara Harus Diteruskan

"NU sih enggak punya peran dukung atau menolak, karena NU ormas bukan partai politik," katanya.

Seperti diketahui, Dewan Syuro Front Pembela Islam (FPI) DPD DKI Jakarta, Novel Chaidir Hasan Bamukmin, mengatakan berencana menggelar aksi damai yang merupakan lanjutan dari aksi sebelumnya. Aksi 313 terbuka bagi seluruh jemaah di seluruh Indonesia.

Seperti pada aksi 212 dan 411, aksi 313 juga akan kumpul di Masjid Istiqlal. Massa kemudian akan long march menuju depan Istana. Aksi ini untuk mengingatkan Presiden Joko Widodo agar cagub DKI petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok segera diberhentikan dan dipenjara.

Persidangan yang telah digelar sebanyak 15 kali harusnya sudah cukup untuk menjebloskan Ahok ke penjara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya