Kota Penyangga Diminta Bantu DKI Atasi Macet dan Banjir

Mendagri, Tjahjo Kumolo di Musrenbang DKI, Rabu, 29 Maret 2017.
Sumber :
  • Eduward Ambarita - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta pemerintah-pemerintah kota yang bertetangga langsung dengan Jakarta, untuk membantu Pemerintah Provinsi DKI mengatasi masalah banjir dan kemacetan. Menurut Tjahjo, Kota Depok, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan dan Bogor, memiliki tanggung jawab atas apa yang terjadi di Jakarta, terutama tentang kemacetan.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Sebab, kemacetan di Jakarta, juga dipicu aktivitas warga-warga di kota penyangga yang setiap hari masuk ke wilayah Jakarta. 

Masalah banjir di Jakarta juga tak bisa hanya dituntaskan oleh Pemprov DKI saja, sebab sungai-sungai pemicu banjir di Jakarta, berhulu di wilayah kota penyangga seperti Bogor dan Depok.

BPBD Ungkap Data Curah Hujan Eksrem yang Sebabkan Jakarta Banjir Hari Ini

Jika seluruh kota itu bisa bersinergi dengan Jakarta, Tjahjo yakin masalah yang terjadi saat ini bisa dituntaskan.

"Kalau DKI mau sukses juga harus bersinergi dengan Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok mengatasi banjir. kemacetan dan sebagainya," ujar Tjahjo saat menghadiri Musyarawah Perencanaan Pembangunan Provinsi DKI di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, Rabu, 29 Maret 2017.

14 RT dan 15 Ruas Jalan di Jakarta Masih Terendam Banjir

Selain itu, Tjahjo meminta Pemprov DKI untuk berintegrasi dengan pemerintah pusat dalam pembangunan. 

"Tujuannya menyerasikan antara program pusat dengan  daerah harus nyambung. Kemudian program daerah harus fokus dan bersinergi," kata Tjahjo.

Petugas gabungan memasang bronjong mencegah banjir kali hek kramat jati

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

BPBD DKI Jakarta memasang bronjong atau tumpukan batu kali di Hek kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur untuk menangani limpasan air atau banjir di daerah itu.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024