Anies Punya Konsep Soal Pendidikan Muatan Lokal di Jakarta

Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjelaskan konsep terkait pendidikan muatan lokal di Jakarta. Baginya, ada dua komponen yang ada di Jakarta, yakni komponen Betawi dan komponen Nusantara.

Sandiaga ke Pendamping Baru Anies: Jangan Baper
Jika terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta 2017-2022, ia bersama Sandiaga Uno ingin, tak hanya intrakulikuler saja yang ada dalam pendidikan muatan lokal. Tetapi, juga ada ekstrakulikuler dan kegiatan lingkungan di dalamnya.
 
Anies Baswedan 16 Bulan Tak Punya Wagub, Inikah Penyebabnya?
"Kenapa kita menginginkan ada festival olahraga, festival seni di kampung-kampung, supaya budaya itu tumbuh berkembang di tingkat lingkungan. Nah kebiasaan di kampung untuk berkegiatan seni olahraga itu nanti Insya Allah bisa menghidupkan mutan lokal di Jakarta," kata Anies di Jakarta Selatan, Selasa 4 April 2017.
 
Cerita Haru Saat Serah Terima Kunci Rumah DP 0 Rupiah
Adapun keunikan yang diambilnya dari budaya Betawi untuk dimasukkan dalam pendidikan muatan lokal. Namun, hal itu tentu pada porsinya di tiap-tiap tempat.
 
"Saya percaya bahwa guru kita, kepala sekolah, orang tua, begitu dikasih kesempatan mengelola atau mengatur, mereka akan muncul dengan terobosan-terobosan," kata Anies.
 
Pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat ini mengaku pernah mengalaminya saat menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan.
 
"Jadi prinsipnya yang penting saya melaksanakan, tapi begitu diberi kepercayaan pada anak-anak kebiasaan positif tumbuhkan budaya yang berakar, itu pasti," ujarnya.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya