Mudik Lebaran 2009

Pramuka Juga Ikut Amankan Pemudik

VIVAnews - Sejumlah muda - mudi berseragam cokelat tampak di antara calon penumpang di terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Senin 14 September 2009. Sesekali mereka mendekati calon penumpang dan kemudian dengan sopan mulai menasehati mereka.

"Mohon hati - hati dengan makanan dan minuman pemberian orang yang tidak dikenal," kata Oktedi, 18, kepada salah satu penumpang tujuan Tasikmalaya.

Menurut penjelasan Kapolsek Ciracas, kata Oktedi, saat menjelang mudik lebaran ini, kasus pembiusan sedang menjadi trend. "Begitu penjelasannya kepada kami," terang dia.

Mulai H - 7 sampai H - 1 lebaran, Oktedi dan sejumlah temannya, turut membantu petugas keamanan dalam rangka Operasi Ketupat Jaya 2009, di Terminal Kampung Rambutan.

Mereka adalah anggota Pramuka yang diperbantukan melayani masyarakat yang hendak mudik merayakan lebaran. "Di sini, kami sepuluh orang," ungkap dia.

Berseragam Pramuka lengkap dengan hasduk, topi dan badge di lengan kanan bertuliskan 'Petugas Pramuka Peduli Lebaran 1430 H,' mereka membantu melayani calon penumpang dari pukul 07.00 WIB - 19.00 WIB.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan Pramuka kepada masyarakat, selain menghimbau masyarakat secara langsung, mereka juga aktif memberi penjelasan kepada calon penumpang yang menanyakan sesuatu. Termasuk turut menyebarkan pamflet jalur mudik lebaran yang memudahkan calon penumpang untuk mudik.

Siswa kelas tiga MAN 15 Ciracas, Jakarta Timur ini, mengaku sebanyak 50 orang temannya tersebar di terminal dan stasiun di wilayah Jakarta Timur. Misalnya di Stasiun Jatinegara, terminal Rawamangun, Pulo Gadung dan Kampung Rambutan sendiri.

Sementara Trybrata, 44, senior Oktedi, mengaku kegiatan ini adalah bentuk kepedulian Pramuka bagi masyarakat. "Fokus kami membantu petugas keamanan," kata dia.

Menurut dia, dari sejumlah anggota Pramuka yang diturunkan, mereka adalah bagian dari saka bhayangkara. "Memang arahnya membantu menjaga keamanan," imbuh dia.

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel
Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluan, Padang Pariaman, disegel warga

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Simak sejumlah artikel yang masuk deretan terpopuler dalam kanal News VIVA sepanjang Kamis, 25 April 2024. Salah satunya soal pertemuan Prabowo dengan Cak Imin.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024