Sekda DKI Pantau Pemungutan Suara di Apartemen Kalibata

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah saat mengunjungi TPS 26 di Kalibata City
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA.co.id – Rombongan monitoring Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, mengunjungi TPS 26 di kompleks Apartemen Kalibata City, Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu,  19 April 2017.

Lama Mengabdi Jadi Alasan Jenazah Sekda DKI Dibawa ke Balai Kota

Pantauan VIVA.co.id, rombongan yang terdiri dari Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah dan Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda itu, tiba di TPS 26 sekitar pukul 10.00 WIB.

"Bagaimana situasi dan prosesnya TPS 26 ini?" tanya Saefullah kepada petugas pengawas.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Ashri Wibawa, petugas pengawas pemilihan Kecamatan Pancoran yang bertugas di TPS 26, mengungkapkan situasi TPS masih aman terkendali, dan proses pemungutan suara di TPS 26 itu pun berjalan lancar sejak dibuka pukul 07.00 WIB.

Ashri menjelaskan, saat ini mekanisme dan sistemnya sudah dibenahi oleh pihak KPUD DKI Jakarta.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

"Dengan adanya pembenahan sistem dari KPUD DKI, kami harap kesalahan-kesalahan seperti pada putaran pertama yang lalu tidak terulang kembali. Kami juga mengapresiasi pihak KPU yang telah mengantisipasi melalui pembenahan sistem," ujar Ashri.

Ketika Saefullah menanyakan bagaimana dengan para pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, Ashri menjelaskan, mereka yang tercatat di Daftar Pemilih Tambahan atau DPTB baru boleh melakukan pencoblosan pada pukul 12.00 WIB.

"Pukul 12.00 mereka baru mulai dipersilakan nyoblos. Karena TPS 26 ini pukul 13.00 WIB harus sudah selesai pemungutan suaranya, istirahat sebentar, lalu langsung dilakukan penghitungan," ujarnya.

Setelah memantau situasi, rombongan Forkopimda itu bergegas untuk melanjutkan perjalanan, guna memantau TPS-TPS lainnya di berbagai titik di Ibu Kota.

Sejumlah TPS yang akan dikunjungi rombongan tersebut di antaranya TPS 18,19, dan 20 di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat untuk kategori perumahan (daerah elit). Kemudian TPS 25 dan 26 di Tower Jasmine Apartemen Kalibata City, Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, untuk kategori apartemen.

Ada juga TPS 29 di Kalibata Pulo, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan untuk kategori perumahan (padat penduduk), serta TPS 24, 25, 26, 27, 28 dan 29 di kompleks Sunrise Garden, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat untuk kategori perumahan. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya