Konsep Pernikahan dan Ultah di TPS Rusun Jatinegara

Konsep TPS ulang tahun di Rusun Jatinegara, Jakarta Timur.
Sumber :
  • Romys

VIVA.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman melakukan kunjungan ke TPS 33 dan 34 di kawasan Rumah Susun Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu 19 April 2017. Arief datang bersama rombongan untuk mengecek proses pemungutan suara di pilkada DKI putaran dua.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017
Arief mengapresiasi konsep yang digunakan penghuni rusunawa Jatinegara dalam menyambut pelaksana pemilu gubernur DKI Jakarta kali ini. TPS Rusun Jatinegara dibagi dua, di mana TPS 33 menggunakan konsep pernikahan, sementara TPS 34 menggunakan konsep ulang tahun.
 
SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017
"Seperti yang dilihat di sini ada yang menggunakan konsep pernikahan ada janur kuningnya, yang satu seperti ulang tahun. Jadi terlihat meriah dan menarik perhatian pemilih," ujarnya saat ditemui di Rusunawa Jatinegara Jakarta Timur, Rabu, 19 April 2017.
 
Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax
Menurutnya, budaya seperti ini perlu diapresiasi dan dilestarikan sebagai bentuk karakter asli budaya Indonesia yang menonjolkan adat kebersamaan dengan saling berinteraksi satu sama lain.

"Bukan hanya untuk memilih tapi untuk bergaul, berinteraksi. Mudah-Mudahan kita jaga kultur ini sehingga akan yang kita sebut demokrasi dalam pemilu kita itu seperti pesta, ya ini, pesta rakyat seperti ini," tuturnya.

Secara pribadi, Arief menambahkan, dia lebih menyukai proses pemilu secara manual atau tanpa mesin seperti ini lantaran mengandung unsur demokrasi budaya tanah air.
 
"Kalau kita lihat di beberapa negara yang menggunakan E voting, rasa itu kurang,  jadi pesta demokrasinya itu kurang, ga ada saling berinteraksi karena orang begitu datang berhadapan dengan bensin, lalu ngga. Melakukan apa-apa lagi. Kalau ini kan dia dipanggil, dicatat, berinteraksi, tangannya dicelupkan dan segala macam. Proses ini sebenarnya cukup baik," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya