Hitung Cepat SMRC Pastikan Kemenangan Anies-Sandi 58 Persen

Quick count/Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Agung Prasetyo

VIVA.co.id – Seiring dengan terhimpunnya suara akhir dari hitung cepat, Saiful Mujani Research Center (SRMC) memastikan bahwa pasangan nomor tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno berhasil memperoleh suara tertinggi di Pilkada DKI 2017 putaran kedua.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Pasangan tersebut memperoleh suara sebesar 58,06 persen. Di sisi lain, pesaingnya yakni pasangan nomor dua Basuki Tjahja Purnama-Djarot Saiful Hidayat mengumpulkan raihan 41,94 persen.

Melihat hasil tersebut, dosen FISIP UI sekaligus peneliti SMRC, Ade Armando, mengatakan bahwa perolehan ini di luar perkiraan sebelumnya. Di awal, ia memprediksikan persaingan persentase antar calon bakal berbeda tipis.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

"Saya rasa pada umumnya, orang akan terkejut dengan jarak angka yang sangat besar. Beberapa lembaga penelitian tidak pernah membayangkan kemenangan bakal semutlak ini," ujarnya, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, pada Rabu, 19 April 2017.

Perbedaan angka perolehan suara yang kentara, menurut Ade, luput dari prediksi sejumlah lembaga penelitian sebelumnya. Persentase tersebut awalnya diperkirakan tak akan timpang.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

"Di awal, kami mengiranya paling berbeda sekitar 3-4 persen angka saja, kejar-kejaran dan berbeda tipis. Ternyata jadinya sebesar ini," tutur Ade.

Kemenangan Anies-Sandi terjadi di seluruh wilayah DKI Jakarta. Hal ini terjadi karena menurut Ade, suara paslon nomor satu yang kalah di putaran pertama, Agus Yudhoyono-Sylviana Murni dikabarkan merapat pada Anies-Sandi. (ase)

Ketua DPD Golkar Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar.

Golkar Ngotot Ajukan Kader Internal di Pilgub Jakarta 2024

Pengurus DPD Golkar Jakarta baru akan persiapkan kader internal maju.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2020