Jelang Ramadan, Djarot Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ade Alfath

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memastikan harga bahan pangan jelang bulan suci Ramadan tetap stabil. Tidak ada gejolak atau kenaikan harga, kecuali komoditas bawang putih yang harganya masih fluktuatif. 

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Hal itu diungkapkan Djarot usai mengecek beberapa harga sembilan bahan pokok (sembako), di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta, Rabu, 3 Mei 2017. 

"Harga cukup stabil menjelang puasa ya, cuma bawang putih lagi sensitif. Tapi, kami lagi antisipasi, supaya tidak benar kalau bawang putih sampai Rp60 ribu, yang bener Rp47 ribu, justru bawang merah yang lagi turun," kata Djarot. 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bayar Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan?

Untuk mengendalikan harga, Djarot telah meminta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PD Pasar Jaya turut mengintervensi pasar. Jika harga turun, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyubsidi para petani agar tidak merugi.

Sementara itu, jika harga naik, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan operasi pasar. "Ini fungsinya bahwa pemerintah itu harus sebagai stabilisator harga, baik itu naik maupun turun," kata Djarot. 

BI Pede Inflasi Indonesia Bakal Terkendali Sesuai Target 2024

Saat ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah membangun pasar perkulakan atau pasar yang menyediakan bahan pokok dalam harga grosir. Pasar itu ditargetkan bisa beroperasi pada Juli atau Agustus tahun ini. 

Dengan adanya pasar grosir itu, diharapkan dapat menyuplai kebutuhan bahan pokok warga di ibu kota. "Jadi kami harapkan sebelum Lebaran itu stok sudah cukup ya, supaya harga bisa stabil," ujarnya. 

Pemantauan Hilal Untuk Menentukan Awal Puasa Ramadhan. (ilustrasi)

Kok Bisa Umat Islam Bakal Puasa Ramadhan 2 Kali pada 2030, Ini Penjelesannya

Ramadhan tahun 2030 akan berlangsung dua kali setahun. Ibadah wajib ini akan dilakukan oleh orang-orang yang beragama Islam pada awal dan akhir tahun. Ini penjelasannya.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024