Tak Realistis, Ahok 'Jegal' Program DP Nol Rupiah Anies

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memastikan program rumah tanpa uang muka alias DP nol rupiah yang dijanjikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno kepada warga Jakarta, tidak akan bisa diwujudkan selama keduanya belum resmi dilantik sebagai  Gubernur dan Wakil Gubernur DKI.

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

Sebab, menurut Ahok, selama dia masih menjabat orang nomor satu di Pemerintahan Provinsi DKI, program rumah DP nol rupiah itu tidak akan bisa dibiayai melalui dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI. Baik APBD Perubahan 2017 dan juga APBD 2018.

Ahok mengatakan, pendanaan program itu tak bisa dimasukkan ke dalam APBD Perubahan 2017 dan APBD 2018. Karena, program dinilai tidak masuk akan alias tidak realistis diterapkan di Jakarta.

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran

"Tapi kalau usul soal mesti (pemerintah) sediakan uang supaya DP nol persen. DP nol persen ya enggak masuk akal buat kita beli rumah," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Jumat, 5 Mei 2017. 

Menurut Ahok, program tak masuk akal itu, masih bisa dijadikan bahan untuk diusulkan Anies dan Sandi ketika resmi menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau RKPD. 

Pemprov DKI Tiadakan CFD Besok karena Masih Cuti Lebaran

"Silakan saja masukin di 2018, kita lagi proses selesaikan, dia boleh usul saja," kata Ahok. 

Sebelumnya Wakil Ketua Tim Pemenangan Anies-Sandi, Mohamad Taufik mengatakan, dalam penyusunan anggaran khususnya dalam APBD Perubahan 2017, sejumlah program prioritas milik Anies-Sandi didesak untuk dimasukkan dalam mata anggaran. Sejumlah program itu di antaranya, Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, Kartu Jakarta Sehat (Plus), OK OCE dan pembiayaan DP nol rupiah.

"Selama tiga bulan, Anies-Sandi melaksanakan program Gubernur lama. Sangat sulit menghitung 100 hari karena 3 bulan itu. Untuk itu, Pemda DKI harus arif, kerja sama dan saling terbuka untuk pembahasan APBD Perubahan," kata Taufik, Kamis 4 Mei 2017. 

Seperti diketahui, program rumah DP nol rupiah yang dijanjikan Anies-Sandi, cukup berhasil membuat warga Jakarta memberikan dukungan kepada pasangan ini, hingga memenangkan Pilkada DKI 2017.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya