Setelah Aksi Bakar Ban, Massa Pro Ahok Lakukan Hal Ini

Pendukung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menangis
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Ratusan massa pro Ahok menggelar aksi di depan rumah tahanan (rutan) Cipinang Jakarta Timur Selasa petang 9 Mei 2017. Massa meneriakkan agar Ahok dibebaskan dari hukuman penjara dua tahun.

Sebut Tuhan Bodoh, Presiden Duterte Dicap Menista Agama

Hingga saat ini, massa masih bertahan di Jalan Raya Bekasi, tepat di depan Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Terpantau massa juga sempat melakukan aksi damai dengan menyalakan lilin.

Setiap satu orang memegang satu lilin yang dinyalakan. Aksi menyalakan lilin ini menurut orator merupakan simbol damai.

Kasus Puisi Sukmawati Tetap Diproses

Melalui aksi tersebut, massa juga meminta agar Ahok dapat dikeluarkan dan memberikan orasinya kepada massa pendukungnya.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Andry Wibowo mengatakan telah menyampaikan aspirasi massa kepada pihak rutan dan Ahok. Namun hal tersebut belum bisa dilakukan karena Ahok sedang dikunjungi keluarga dan melakukan doa bersama.

Forum Umat Islam Bersatu Tunda Laporkan Ganjar, Ada Apa

"Sudah kita sampaikan apa yang menjadi keinginan massa," kata Andry.

Saat ini, dua kendaraan taktis sudah disiapkan untuk menghalau massa. Dua kendaraan tersebut terdiri dari satu water cannon dan satu unit barracuda. Kendaraan tersebut tinggal menunggu instruksi dari kapolres Jakarta Timur untuk menghalau massa.

Sebelumnya, di depan Rutan Cipinang aksi massa sempat terjadi kericuhan. Sekitar pukul 18.00 WIB massa sempat melakukan aksi bakar ban dan mengoyak pagar Rutan Cipinang. Namun aksi tersebut bisa diatasi oleh petugas kepolisian yang bertugas.

Saat ini, proses komunikasi antara pihak rutan dengan Kapolres Metro Jakarta Timur masih berlangsung. Dibubarkannya aksi tersebut atau tidak, masih menunggu hasil koordinasi tersebut. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya