Warga Harus Lapor, Geng Motor Selalu Hindari Patroli Polisi

Ilustrasi geng motor.
Sumber :
  • Viva.co.id/Anwar Sadat

VIVA.co.id – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, menyatakan banyaknya aksi geng motor di Jakarta belakangan ini bukanlah karena kurangnya patroli yang dilakukan polisi.

Polisi Tangerang Dirikan 29 Pos Pantau Cegah SOTR di Bulan Ramadan

Namun, aksi kekerasan yang dilakukan kelompok anak muda yang tergabung dalam klub motor ini, kebanyakan mengindari polisi.

"Bukan kurang patroli, tapi banyak yang main sembunyi-sembunyi. Ada polisi dia sembunyi, polisi pergi, datang lagi," kata Argo Yuwono di Markas Polda Metro Jaya, Rabu, 23 Mei 2017.

Polisi meminta masyarakat membantu memberikan informasi apabila mengetahui adanya geng motor yang tengah beraksi guna memaksimalkan polisi melakukan penjagaan. Kebanyakan dari mereka berumur belasan tahun dan kerap melakukan aksi secara berkelompok. 

"(Motif) dia merasa untuk aktualisasi diri," kata Argo.

Argo berharap orangtua bisa memberikan pengarahan kepada anak-anak mereka bila pergi keluar rumah, terlebih saat malam hari. Kebanyakan dari anggota geng motor yang ditangkap selalu membawa senjata tajam. Karena itu, orangtua harus tahu ke mana dan apa saja yang dibawa anak-anaknya ketika pergi keluar rumah.

"Karena itu, orangtua, keluarga harus bisa berikan pengarahan kepada anak-anaknya pergi ke mana, harus dipantau jangan dibiarkan saja. Jangan sampai putranya jadi pelaku dalam kegiatan ini," katanya.

Namun begitu, Argo tak merinci lokasi-lokasi di Jakarta yang rawan geng motor. Argo hanya menyebut kebanyakan geng motor melancarkan aksinya di lokasi yang jauh dari keramaian, keamanan dan penerangan.

"Yang jauh dari keramaian, keamanan penerangan. Artinya penerangan yang remang-remang. Nanti ini bagian dari patroli kepolisian," ujarnya. (ase)

Viral Geng Motor Terekam Serang Rumah Polisi di Sulsel Siang Bolong
Ilustrasi anggota geng motor ditangkap polisi.

Geng Motor yang Viral Serang Rumah Polisi di Bulukumba Diamankan, Pelaku Mayoritas Pelajar

Geng motor yang berulah itu melempari rumah polisi karena masalah sepele. 10 dari 12 pelaku sudah menyerahkan diri ke polisi.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024