Jelang Beroperasi, Ini Kendala TransJakarta Tendean-Ciledug

Jalur bus TransJakarta koridor 13, Ciledug-Tendean
Sumber :
  • ANTARA / Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) memastikan pemasangan lift di koridor 13 rute Halte Kapten Tendean-Ciledug, belum bisa dilakukan pada saat peresmian jalur tersebut, pada 22 Juni 2017. 

Sejumlah Rute Transjakarta Dialihkan Akibat Banjir, Ini Daftarnya

Alasannya, sistem keamanan untuk pemasangan lift belum dibangun. "Setelah berkonsultasi dengan pihak expert, memang memasang lift langsung untuk ketinggian 22 meter itu, enggak bisa pasang lift, selesai," kata Direktur Utama TransJakarta Budi Kaliwono, di Balai Kota, Jakarta, Senin, 29 Mei 2017. 

Budi mengatakan, para ahli mengemukakan agar pemasangan lift ini lebih baik ditunda. Upaya itu lantaran masih mengkaji bangunan apa yang tepat untuk dipasang ke dalam halte agar tidak menyulitkan penumpang menaiki bus.

Jalan Ditutup, Ini Rute Transjakarta di Malam Tahun Baru

"Jadi itu mesti dibikin dulu bangunan yang kira-kira mendukung, supaya pada saat lift-nya ada trouble, masih bisa ada jalan keluar buat safety," ujarnya. 

Kendala lain menjelang peresmian adalah infrastruktur yang ada di sepanjang koridor. Lampu penerangan belum bisa dipasang seluruhnya karena diprediksi baru bisa rampung pada Juli 2017. Namun, ia memastikan, kendala tersebut tidak begitu berpengaruh terhadap beroperasinya TransJakarta nanti.

Pelantikan Anggota DPR, Ada Perubahan Rute TransJakarta, Lho

"Siang itu kan enggak perlu lampu, jadi bisa jalan. Sore bagaimana? Sore nanti kami pikirkan bus wajib untuk memasang segala instrumen keamanan. Hazard, lampu, kecepatan bisa dikurangi," ujarnya.

"Kami masih yakin kendala-kendala itu bisa kami tanggulangi dengan operasional terbatas," ujarnya. 
 

Bus Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta)

Penumpang Transjakarta Rute Bandara Soetta Tembus 14.222 Orang, Uji Coba Diperpanjang

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengungkapkan, jumlah penumpang Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta) mencapai 14.222 orang hingga Sabtu 28/7

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2023