Mudik Lebaran, Polda Metro Akan Gencar Patroli Rumah Kosong

Ilustrasi anggota kepolisian.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Wakil Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya, Brigadir Jenderal Polisi Suntana, mengatakan jajarannya akan getol melakukan patroli di lingkungan masyarakat guna mengantisipasi pencurian rumah kosong saat mudik Lebaran.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

"Operasi patroli yang akan kami laksanakan. Banyak rumah-rumah yang akan ditinggalkan oleh penghuninya. Kami akan melaksanakan patroli untuk mencegah terjadi pencurian di rumah kosong," kata Suntana di Polda Metro Jaya, Selasa, 13 Juni 2017.

Menurutnya, kepolisian juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait di tingkat kelurahan untuk membantu pengamanan di wilayahnya masing-masing

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

"Kami sudah memobilisasi semua stakeholder di bidang pengamanan baik hansip, satpam, kelurahan dan lain-lain. Sudah kami mobilisasi supaya menjaga lingkungan bersama-sama," katanya.

Dia juga mengaku telah memerintahkan setiap Polsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya untuk menyediakan lahan parkir agar warga bisa menitipkan kendaraannya saat melaksanakan mudik di kampung halaman 

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

"Polsek-polsek yang punya lahan cukup menyiapkan lahan parkir bagi masyarakat yang meninggalkan mobilnya di rumah bisa diparkirkan," kata dia. 

Dia juga mengimbau agar masyarakat bisa menitipkan barang-barang berharga ke tempat-tempat yang dianggap aman dari tindak pencurian.

"Untuk barang berharga bisa dititipkan di tempat-tempat barang berharga, untuk mobil-motor bisa dititipkan di polisi," kata Suntana. 

Dia juga berpesan kepada warga yang meninggalkan rumah untuk mudik agar mengecek dengan teliti listrik atau kompor di rumahnya masing-masing. Imbauan itu disampaikan mengantisipasi terjadinya kebakaran di rumah warga yang ditinggalkan.  

"Kami ingatkan masyarakat menjaga situasi, meninggalkan rumah dalam keadaan aman, mematikan listrik dan kompor sehingga tidak ditinggalkan bisa menyebabkan bahaya kabel," kata dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya