Cerita Warga Pecahkan Kaca Jendela Kereta yang Terbakar

Kereta api yang terbakar di Senen, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Juni 2017.
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya

VIVA.co.id – Ilham (33 tahun) dan warga lain ikut membantu para penumpang kereta yang menabrak sebuah mobil di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Juni 2017. Karena pintu gerbong sulit dibuka, warga mencoba membantu memecahkan kaca gerbong. 

Kereta Anjlok di India, Penumpang Terjepit di Gerbong Ringsek 8 Tewas

"Warga coba bantu mecahin kaca. Pintu susah dibuka, sementara takutnya api menjalar," kata Ilham saat menceritakan peristiwa itu. 

Menurut Ilham, dari para penumpang itu tidak ada yang mengalami luka-luka serius. Hanya ada beberapa orang yang katanya terbentur kepala saat buru-buru keluar dari gerbong. 

5 Kecelakaan Kereta Api Terseram di Indonesia, Selalu Terjadi di Hutan

"Ada yang kejedot pas lewat mau keluar," ujar Ilham.

Ilham menuturkan perlintasan ini memang padat dilintasi oleh mobil dan motor. Banyak pengendara yang katanya 'nakal' coba menerobos meskipun kereta hendak lewat. 

Kronologi Tujuh Gerbong Kereta Api Keluar Jalur Rel di Malang

"Ya lagi untung saja yang susah dibilangin enggak ketabrak, padahal bahaya kalau macet," kata Ilham.

Sebelumnya, kecelakaan antara mobil dengan kereta terjadi di perlintasan di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Selasa 13 Juni 2017. Akibat peristiwa ini, dua penumpang mobil tewas. 

Perlintasan ini ditutup hingga rampungnya evaluasi dari pihak-pihak terkait. Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Edi Nursalam mengatakan pihaknya tidak akan menolerir lagi perlintasan kereta sebidang di DKI Jakarta. 

"Saat ini kami sedang melakukan penutupan di 19 titik, sudah ada 5, kemarin kan Simatupang sudah ya," kata Edi di lokasi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya