Tol Jagorawi Tak Akan Ditutup saat Dilewati Obama

Ilustrasi kondisi arus lalin Tol Jagorawi Gate Bogor.
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya.

VIVA.co.id – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan menegaskan, tidak ada penutupan jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi atau Jagorawi, saat kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama ke Istana Bogor.

Antisipasi Kepadatan Kendaraan, Jasa Marga Berlakukan Contraflow Tol Jagorawi Arah Puncak

"Tidak ditutup namun kita akan prioritaskan beliau untuk bisa lebih cepat menuju Istana Bogor. Kita buka jalur namun tidak ditutup total," kata Iriawan di gerbang tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 30 Juni 2017.

Pihaknya tetap akan mengamankan kedatangan Obama meskipun sudah tidak menjabat lagi sebagai Presiden AS.

Volume Kendaraan Meningkat, Akses Keluar Tol Jagorawi Arah Puncak Bogor Ditutup Sementara

"Sebetulnya kalau di Amerika, kalau mantan Presiden sudah tidak diamankan Paspampres. Namun, karena ada perjanjian dengan Sekretariat Negara Kepresidenan jadi diamankan secara ring satu oleh Paspampres," katanya.

Sedangkan untuk pihak Kepolisian akan mengamankan ring dua dan tiga yaitu jalur selama Obama menjalankan agenda di Jakarta dan Bogor.

Macet Buntut Mudik Lokal dan Tempat Wisata, Contraflow Diberlakukan ke Arah Ciawi

"Ring duanya kami, di mana dari Halim, beliau nanti akan ke Hotel. Dari hotel akan ke Istana bogor, dan pengamanan juga kami yang bertanggung jawab," ujarnya.

Mengenai agenda Obama selama di Jakarta, ia menyebut masih bersifat tentatif. Walaupun agenda utamanya adalah bertemu Presiden Joko Widodo dan memberikan pidato di acara Diaspora di Kota Kasablanka.

"Kemudian ada beberapa kegiatan yang tentatif, lalu ada beberapa kunjungan-kunjungan yang akan berubah, seperti terakhir akan mengunjungi tempat beliau tinggal kecil di Menteng," ujarnya.

Seperti diketahui, Obama akan tiba di Jakarta pada Jumat 30 Juni siang ini. Obama rencananya akan berada di Jakarta sampai 3 Juli mendatang. Sebelum terbang ke Jakarta, presiden ke-44 AS ini bersama keluarga mengisi liburan ke Bali dan Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya