Ini Target Pembongkaran Selanjutnya di Jakarta Selatan

Kali Krukut
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Selatan telah menertibkan kawasan bantaran kali Ciliwung yang berada di Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa, 11 Juli 2017.

Warga Bukit Duri Datangi Balai Kota, Tagih Janji Anies

Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi mengatakan, wilayah bantaran kali selanjutnya yang akan ditertibkan yakni bantaran kali Krukut, Jakarta Selatan. Bangunan liar yang berdiri di bantaran kali krukut akan dibongkar untuk melancarkan proyek normalisasi kali.

Sejauh ini, untuk melakukan eksekusi tersebut, masih menunggu dari pihak Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC). "Kami akan tunggu dari BBWSCC rekomendasi nanti Kemang Village itu akan seperti alam," kata Tri di Bukit Duri, Jakarta Selatan. 

Warga Bukit Duri ke Balai Kota Pastikan Pemprov Tak Banding

Menurut Tri, nanti di kawasan perumahan elite Kemang Village tersebut akan dikembalikan sesuai fungsinya dan menyatu dengan alam. Pembangunan yang dilakukan juga tidak menggunakan beton sheetpile. Sebab, sebagian kawasan memiliki kontur tanah cukup bagus.

Tri mengemukakan, dalam memperbaiki kawasan bantaran kali di wilayah tersebut, tidak hanya tanggung jawab pemerintah. Tetapi pengembang perumahan dan pemukiman kawasan sekitar juga memiliki tanggung jawab, untuk membangun kawasan tersebut agar terbebas dari banjir.

Warga Bukit Duri Menang Class Action, Anies Tak Akan Banding

"Jadi nanti tidak di-sheetpile tapi seperti alam. Dia (pengembang) kan ada kewajiban memperbaiki kali. Maka dia akan  bikin seperti alam. Jadi tidak semua harus di-sheetpile," ujarnya

Penggusuran Bangunan di Bukit Duri

DKI akan Bangun Penampungan Warga Bukit Duri

Ini musim hujan, mereka perlu sehat.

img_title
VIVA.co.id
21 November 2017