Proyek LRT Cibubur-Cawang Terkendala Pembebasan Lahan

Pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) di Cibubur, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA.co.id – PT Adhi Karya masih mengebut pengerjaan proyek pembangunan Light Rail Transit di wilayah DKI Jakarta.

Raih Rp288 M dari IPO, Adhi Commuter Properti Genjot Ekspansi Bisnis

Manager Sipil Engineering LRT PT Adhi Karya, Syahrudin, mengatakan, rencana pembangunan jalan LRT yang dikerjakan PT Adhi Karya sebenarnya ada enam lintasan.

Namun, yang sekarang sedang dikerjakan baru tiga lintasan LRT di antaranya Cibubur hingga Cawang, lintasan kedua Cawang sampai Dukuh Atas, ketiga, Bekasi Timur sampai Cawang.

Adhi Persada Gedung Jadi Kontraktor Utama Proyek CCM 2 Bogor

"Tahap satu itu terdiri ada tiga lintasan. Totalnya 44 kilometer," kata Syahrudin di kantor BPPT Jakarta Pusat, Rabu, 19 Juli 2017.

Ia menambahkan, dalam proses pengerjaan proyek LRT itu memang masih mengalami kendala, salah satunya masalah waktu pengerjaan yang diberikan pemerintah sangat sedikit sekali. Kemudian, soal masalah pembebasan lahan milik privat, salah satunya di Jalan MT Haryono yang sampai sekarang masih dilakukan komunikasi dengan pihak yang bersangkutan.

Anak Usaha Adhi Karya Bakal IPO, Cari Dana Rp1,6 Triliun Buat Ini

"Di sepanjang masih banyak kabel Telkom, pipa gas. Ini butuh waktu, kita waktunya sangat sempit," katanya. Namun, sambung Syahrudin, pihaknya menargetkan dalam proyek LRT tiga lintasan itu selesai pengerjaannya pada Mei 2019.

Harapannya, apabila itu sudah terealisasi dengan baik maka warga Jakarta dan sekitarnya dapat menggunakan transportasi tersebut.

"Selama ini naik kendaraan pribadi bisa berpindah moda karena memang akan cepat. Kalau sekarang bisa mencapai dua jam, sekarang hanya 30 menit saja," katanya.

Sementara itu, untuk tiga lintas LRT lainnya yaitu, jalur Dukuh Atas sampai Senayan, lintas  Grogol sampai Senayan dan lintas Cibubur sampai Bogor masih dalam tahap perencanaan dan masih menunggu terkait masih adanya masalah pendanaan. (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya