Polisi: Ada 5-6 Juta Pengguna Narkoba di Indonesia

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Nico Afinta (kemeja putih)
Sumber :
  • M Nadlir

VIVA.co.id – Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Nico Afinta mengatakan, jumlah pengguna narkoba di Indonesia sudah mencapai 5-6 juta orang. Jumlah tersebut berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

"Narkoba itu kan addict ya. Data yang dinyatakan BNN sebagai pengguna narkoba di Indonesia 1-5 juta orang," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Senin, 24 Juli 2017.

Adapun pengguna narkoba di Jakarta, kata Nico, diprediksi sekitar 10 persen lebih dari pengguna narkoba seluruh Indonesia. "Tapi kan angka pengguna 5 persen, ada pengguna aktif ada pengguna pasif.  Pengguna aktif itu membutuhkan kalau (pengguna) pasif kalau diajak ada acara baru pakai. Nah seluruh Indonesia (pengguna narkoba) 6 juta, justru 600 ribu-1,2 juta ada di Jakarta," ujarnya. 

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

Saat ini, Indonesia masih menjadi pasar utama penjualan narkoba dari bandar jaringan internasional. Hal itu terbukti dengan penyitaan sabu satu ton di kawasan Pantai Anyer, Serang Banten dan sabu 40 kilogram di Kalideres, Jakarta Barat. Dua temuan besar itu semua pengedarnya berasal dari Cina. 

Selain menjadi target utama pasar, jumlah pesanan narkoba dari para penikmatnya di dalam negeri juga cukup besar. "Jadi permintaan narkoba masih besar di Indonesia," kata Nico.

Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama

Lantaran itu, kata Nico, pihaknya bertekad akan terus melakukan pemberantasan narkoba di wilayah Indonesia. Bahkan, ia tak segan untuk melakukan tindakan tegas terukur. "Jadi jangan coba-coba mengedarkan narkoba di Indonesia," katanya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Wanita 'Open BO' berinisial R (34) yang ditemukan tewas di Pulau Pari Kepulauan Seribu ternyata bukan dibunuh di sana.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024