Ini Usulan Djarot Soal Lebaran Betawi di Setu Babakan

Wisata Kampung Betawi Setu Babakan Ramai Diserbu Pengunjung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengusulkan agar festival kebudayaan Betawi atau biasa disebut Lebaran Betawi dipusatkan di Setu Babakan, Jakarta Selatan, setiap tahunnya. 

Anies Ingatkan Monas Lokasi Warga Betawi Dukung RI Merdeka

Alasannya, tempat itu tergolong cagar budaya asli Betawi. Menurut Djarot, adanya Lebaran Betawi di Setu Babakan juga mendorong para wisatawan datang ke tempat itu. "Sehingga betul-betul Setu Babakan jadi destinasi wisata budaya Betawi. Itu sebagai aplikasi dari perda pelestarian kebudayaan Betawi," ujarnya di Balai Kota Jakarta, Selasa 25 Juli 2017. 

Lebaran Betawi merupakan salah satu acara tahunan sebagai ajang silaturahmi antara warga Jakarta yang kental nuansa Betawi setelah lebaran Idul Fitri. Tahun ini dipusatkan di Setu Babakan. Festival Budaya Betawi itu akan digelar tanggal 28 hingga 30 Juli 2017. Rencananya, Presiden RI Jokowi akan menghadiri pembukaan festival itu. Tahun sebelumnya Lebaran Betawi dipusatkan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Lebaran Betawi 2019 Dimulai, Ribuan Warga Padati Monas

Lebaran Betawi 2017 akan diisi berbagai hiburan dan kesenian budaya Betawi, mulai dari tradisi Betawi, kudapan khas Betawi, tarian Betawi, dan bermacam perlombaan. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Lebaran Betawi, di Monas, Jakarta.

Lebaran Betawi, Anies Dijuluki 'Gubernur Indonesia'

Para tokoh Betawi hadir di acara itu.

img_title
VIVA.co.id
21 Juli 2019