Ciri-ciri Sapi dan Kambing Hewan Kurban yang Sehat

Penjual hewan kurban di kawasan Kebayoran Lama
Sumber :
  • VIVA.co.id / Syaefullah

VIVA.co.id – Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Selatan telah melakukan pemeriksaan di tiga lokasi penjualan hewan kurban pada hari ini, Senin, 21 Agustus 2017.

Bukan Muslim, Ini Alasan Bertrand Antolin Tetap Terlibat dalam Berkurban

Staf Seksi Peternakan da Kesehatan Hewan Sudin KPKP Kota Jakarta Selatan, Lilis Purbayati mengatakan, tiga lokasi tersebut di antaranya Kelurahan Pondok Pinang, Kelurahan Kebayoran Lama Selatan dan Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama.

"Hewan yang diperiksa yakni sapi ada 47 ekor, kambing 113 ekor, dan domba 17 ekor," kata Lilis di di lokasi pejualan hewan kurban di daerah Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Komentari Kisruh dengan Ketua RT, Saipul Jamil Sebut Dewi Perssik Korban

Sementara itu, petugas Sudin KPKP Kota Jakarta Selatan, Rojali menambahkan, hewan kurban yang telah diperiksa dalam keadaan sehat. 

Menurut Rojali, tujuan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang dijual untuk kebutuhan Idul Adha di wilayah Jakarta agar dapat diketahui kondisi kesehatan hewan tersebut.  

Perseteruan Selesai, Dewi Perssik Bakal Temui Pak RT untuk Bersilaturahmi

"Kalau ada wabah bisa tahu, di cek ada surat-surat kesehatannya belum. Kita periksa sudah cukup umur belum. Rata-rata di atas tiga tahun ke atas," kata Rojali.

Tapi, apabila kondisi hewan kurban yang dijual itu mengalami kondisi kesehatannya berkurang maka akan ketahuan. "Kelihatan kulit bulunya licin, kalau enggak sehat bulunya berdiri, dan dari mata juga ketahuan," ujarnya.

Rojali menambahkan, pemeriksaan yang dilakukan Sudin KPKP dilakukan mulai hari ini hingga tanggal 31 Agustus 2017. Pemeriksaan kesehatan hewan kurban untuk Idul Adha dilakukan dua kali yaitu pada saat berada di lokasi penjualan hewan dan pada saat hari pelaksanaan penyembelahan hewan kurban.

"Nanti diperiksa lagi kondisi hewan setelah di sembelih," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya