Hujan Satu Rumah di Tebet, BMKG Bilang Mungkin Saja Terjadi

Tweet hujan satu rumah
Sumber :
  • Twitter/@Febicil

VIVA.co.id – Kepala Sub-Bidang Informasi Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko mengomentari hujan lokal yang menghebohkan warganet di Twitter.

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024, BMKG Minta Warga Waspada

Akun @febicil, mencuit hujan itu terjadi di Tebet, Jakarta Selatan. Anehnya, hujan hanya membasahi satu rumah, kanan dan kiri rumah tersebut kering kerontang.

"Ada hujan yang turun di satu rumah doang di tebet, kiri kanan-nya kering!," ujar akun @febicil.

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

Menurut Hary, jika ditinjau dari sisi fenomena cuaca hujan lokal, bahkan sangat lokal dimungkinkan terjadi. Namun, ia menyebut ada syarat yang harus dipenuhi terkait fenomena tersebut.

"Dengan syarat dan ketentuan berlaku di mana parameter cuacanya terpenuhi, seperti penguapan, suhu, kelembapan, arah kecepatan angin, dan awannya," kata Hary kepada VIVA.co.id, Selasa 29 Agustus 2017.

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

Lebih lanjut, fenomena tersebut bisa terjadi pada masa transisi atau pancaroba maupun musim kemarau. "Biasanya terjadi antara siang dan menjelang malam dengan durasi singkat (tidak lama)," katanya.

Akan tetapi, ia menyebut syarat dan ketentuan tersebut tidak terpenuhi sehingga kemungkinan kecil dan sulit terjadi.

"Di samping itu beberapa hari belakangan ini angin kencang. Di atas rata-rata. Kondisi ini membuat potensi pembentukan dan pertumbuhan awan hujan sangat kecil. Jadi ada syarat parameter cuaca tidak terpenuhi yaitu angin kencang dan kelembapan yang relatif cukup lembab. Sehingga kemungkinan kecil sekali dan sulit terjadi kalau kejadian sifatnya alami," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya