Lebih Berat dari Tahun Lalu, Berapa Ton Sapi Kurban Jokowi?

Presiden Jokowi menyerahkan hewan kurban tahun 2015. Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA/Tudji Martudji

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo pada tahun ini kembali berkurban di beberapa tempat, tak terkecuali Masjid Istiqlal. Sapi lokal yang dikurbankan kepala negara di masjid terbesar di Asia Tenggara itu pada tahun ini, memiliki berat hingga 1,5 ton dan berumur delapan tahun.

Viral Sapi Mengamuk Hingga Rubuhkan Tenda, Netizen: Panik Ga? Paniklah Masa Engga

Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan, sapi yang dikurbankan Presiden tahun ini jauh lebih berat dibandingkan tahun lalu. Selain kepala negara, Wakil Presiden Jusuf Kalla pun ikut menyumbangkan sapi seberat 1,3 ton ke Masjid Istiqlal.

“Sapi dari Pak Presiden tadi sudah datang. Ini lebih berat dari tahun lalu. Pak Jokowi itu 1,5 ton, sementara Pak Wapres 1,3 ton,” kata Abu, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Jakarta, Kamis 31 Agustus 2017.

Viral Seorang Pria Meninggal Saat Lihat Sapi Kurbannya Disembelih, Netizen Sedih

Sampai dengan pukul 18.30 WIB, jumlah hewan kurban yang berada di Masjid Istiqlal mencapai 31 hewan, terdiri dari 21 sapi dan 10 kambing. Jumlah tersebut, kata Abu, ada kemungkinan masih bisa bertambah, karena ada beberapa hewan kurban yang saat ini dalam proses pengiriman. “Sekarang masih terus dikirim. Karena kami sudah menerima uang, dan itu nanti akan dibelikan. Sekarang masih proses terus,” katanya.

Selain dari Presiden dan Wakil Presiden, hewan kurban yang disumbangkan ke Masjid Istiqlal juga berasal dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Viral Provos Diuber Sapi di Exit Tol Ancol, Netizen: Astagfirullah

Rencananya Masjid Istiqlal akan menyembelih seluruh hewan kurban setelah salat Ashar, atau lebih cepat dari perayaan tahun-tahun sebelumnya. Masjid Istiqlal pun tidak akan menyediakan kupon, dan hanya membagikan potongan hewan kurban di daerah sekitar, terutama masyarakat yang tidak mampu.

Mediasi Dewi Perssik dengan Ketua RT

Berseteru dengan Dewi Perssik, Pak RT Jelaskan Kondisi Wilayahnya Setiap Kurban

Dewi Perssik dan Ketua RT, Malkan sudah melakukan mediasi, namun tidak membuahkan hasil. Dewi juga menangis di hadapan awak media. Dewi sempat marah pada saat mediasi.

img_title
VIVA.co.id
30 Juni 2023