Bantu Rohingya, FPI Akan Bekali Relawannya dengan Senjata

Kantor Sekretariat DPP FPI di Petamburan Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eduward Ambarita

VIVA.co.id –  Front Pembela Islam (FPI) bakal membekali relawan yang akan berangkat ke Myanmar dengan peralatan senjata dan ilmu bela diri. Hal itu dilakukan untuk keamanan anggota dan simpatisannya dalam misi kemanusiaan bagi etnis Rohingnya. 

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

"(Mereka harus) terlatih membawa senjata, terlatih memainkan senjata yang kita miliki dan kemampuan bela diri harus mumpuni," kata Juru Bicara FPI Slamet Maarif kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis, 7 September 2017. 

Slamet mengatakan, keahlian menggunakan senjata itu adalah syarat utama bagi relawan yang hendak berangkat. Namun, ia menyatakan, senjata tersebut perlu mendapatkan izin terlebih dahulu dari pemerintah Indonesia.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

"Kalau kita punya samurai dan bila diizinkan masuk ke sana berarti memiliki kemampuan memainkan samurai. Harus izin dong. Kalau diizinkan bawa AK-47, bawa juga," katanya. 

Dari tujuh wilayah yang membuka pendaftaran ke Myanmar, sudah ada yang menyatakan diri memiliki berbagai keahlian. Anggota FPI di Pasuruan, Jawa Timur, misalnya. Selain bisa menggunakan senjata, mereka memiliki keahlian tenaga dalam.  

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

"Yang penting mereka punya kemampuan bela diri supaya buat jaga dirinya dan membela dirinya di sana," kata Slamet. 

Menurut Slamet, sebanyak 10 ribu relawan sudah mendaftar dan akan diseleksi berdasarkan syarat yang ditentukan. Di antaranya, batas usia minimal 20 tahun, memiliki kemampuan bela diri dan sehat secara jasmani. "Kami tugasnya adalah menyeleksi dan memberangkatkan relawan tersebut," ujarnya. 

Selain Pasuruan, wilayah lain yang telah mengumpulkan relawan untuk diseleksi yaitu, Aceh, Poso, Klaten, Banten, Jakarta dan Sumatera.  (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya