Hindari Kartel Pangan, Pasar JakGrosir Diminta Diperbanyak

Kebutuhan Pokok
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Diresmikannya pasar perkulakan kebutuhan pangan pokok JakGrosir di Jakarta diharapkan bisa membantu pedagang kecil mendapatkan barang dagangannya dengan harga lebih murah.

Program Pangan Bersubsidi, Pemprov DKI Optimalkan Gerai Pasar Jaya

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Yuke Yurike, menyatakan langkah tersebut patut diapresiasi. Namun dia mendesak pembangunan JakGrosir perlu diperluas ke empat wilayah ibu kota lainnya.

"JakGrosir sangat tepat, tapi kurang bermanfaat kalau tidak diteruskan ke lima wilayah. Kami berharap JakGrosir dapat segera dibangun di lima wilayah DKI," kata Yuke di peresmian JakGrosir Pasar Induk Kramatjati, Jakarta, Jumat 8 September 2017. 

PD Pasar Jaya Batasi Pembelian Masker agar Tak Dijual Lagi

Menurut Yuke, JakGrosir dapat menekan inflasi terhadap harga bahan pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat.  Ia menjelaskan, selama ini pusat perdagangan dikelola oleh pengusaha-pengusaha besar tanpa memperhatikan nasib pedagang kecil.

Oleh karena itu, dengan harga yang ditawarkan oleh JakGrosir, pedagang kecil bisa mengambil keuntungan dengan lebih layak.

Operasi Masker Murah PD Pasar Jaya Gagal, Harga di Kios Masih Mahal

"JakGrosir ini selain untuk seluruh pedagang kecil kan juga untuk menyuplai JakMart yang sedang tumbuh berkembang di Jakarta," kata dia. 

Selain itu Yuke juga menegaskan, dalam waktu dekat pihaknya tengah membahas Rancangan Peraturan Daerah tentang Pasar. Regulasi itu bakal dibuat untuk menyikapi sistem tata kelola pasar yang selama ini masih melekat dengan stigma tradisional.
 
Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyatakan bahwa pembangunan JakGrosir ini akan melindungi pedagang kecil. 

Dengan diberikannya fasilitas kartu Tabungan Monas Bisnis sebagai alat pembayaran, akan dapat memudahkan tiap transaksi pedagang setiap berbelanja di JakGrosir. 

Para pedagang kecil, kata Djarot, bisa memeroleh barang dengan harga murah karena pasar ini dikendalikan langsung pemerintah DKI melalui PD Pasar Jaya. (ren)
 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya