Polda Metro Belum Siap Terapkan Tilang CCTV

Ilustrasi ruang kontrol CCTV pemantau lalu lintas.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA.co.id – Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Halim Pagarra memastikan, Polda Metro Jaya belum siap menerapkan tindakan penilangan terhadap pelanggar lalu lintas yang terekam kamera keamanan Closed Circuit Television atau CCTV.

4 Ribu Pengendara Kena Tilang Ganjil Genap saat Mudik Lebaran 2024, Netizen: Panen!

"CCTV tilang itu hoaks. Sebenarnya kami belum siap dari Polda Metro Jaya," kata Halim, Jumat, 15 September 2017.

Menurut Halim, secara keseluruhan kepolisian belum bisa menerapkan sistem tilang dengan rekaman CCTV sebagai pengintai pelanggaran. Sebab, infrastruktur penunjang terlaksananya sistem ini belum ada.

Kakorlantas: 4 Ribu lebih Pengendara Kena Tilang Ganjil Genap saat Arus Mudik Lebaran 2024

Apalagi, CCTV yang digunakan untuk memantau pelanggar tak cukup hanya menggunakan teknologi CCTV yang sekarang ada di jalanan Jakarta.

"CCTV, kemudian SDM harus kami latih juga. Kemudian yang paling utama adalah integrasi data," katanya.

Polri Sebut 199 Kecelakaan Terjadi pada Hari Raya Idul Fitri, 41 Orang Meninggal Dunia

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas Polri berencana untuk menggunakan CCTV dalam menindak pelanggar lalu lintas. Alasannya, selama ini masyarakat pengguna kendaraan masih banyak yang tak jera-jera melanggar aturan berlalu lintas. 

Terutama di ruas-ruas jalan yang tak dijaga petugas kepolisian. "Iya benar itu (pemasangan CCTV), tapi baru di beberapa tempat," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa.

Aturan Ganjil-Genap Jalan Tol

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Polisi mencatat jumlah pelanggar aturan ganjil genap (gage) selama mudik lebaran cukup tinggi dan telah dikenai tilang elektronik. Bagi Anda yang kena, segera mengurusnya

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024