Djarot Minta CFD Diperluas ke Seluruh Wilayah Jakarta

Car Free Day di Jalan protokol Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta agar hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) tidak hanya digelar di ruas Jalan Sudirman hingga Thamrin. Djarot meminta CFD juga diperluas di masing-masing wilayah kota administratif. 

Penularan Corona Tinggi, Car Free Day Bekasi Ditiadakan Lagi

Sebab, menurut Djarot, jika CFD hanya digelar di ruas jalan protokol, tidak akan berdampak banyak pada perbaikan kualitas udara di Jakarta.

"Meskipun dampaknya (CFD) tidak begitu signifikan. Tapi, dia punya dampak yang positif. Makanya car free day sudah mulai diperluas dan akan diperluas di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat. masing-masing wilayah ada," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Senin, 25 September 2017. 

Car Free Day di Bekasi Ditiadakan

Djarot memastikan CFD akan terus diselenggarakan, meskipun dia sudah tak menjabat gubernur DKI lagi, Namun, dia meminta agar warga tertib, terutama soal kebersihan lingkungan. 

"Saya kan sering ikut car free day, itu PKL banyak sekali. Tidak ada kesadaran untuk membuang sampah. Sampahnya luar biasa. Setelah car free day itu pasukan oranye dan kuning, gerak untuk bersihkan. Saya lihat itu di sisi air mancur banyak sampah plastik. Ini yang harus ditekan," ujarnya. 

Anies Tiadakan Car Free Day, Aktivitas Berkerumun akan Ditindak Tegas

Tak cukup CFD, untuk membantu mengurangi polusi, Djarot mengimbau kepada masyarakat agar meninggalkan kendaraan bermotor pada Sabtu dan Minggu. Warga diminta beralih ke transportasi umum. 

"Makanya kami dorong warga pada hari Sabtu dan Minggu tolong tinggalkan kendaraan. Tolong manfaatkan kendaraan umum," ujarnya. 

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat memberi keterangan pers.

PPKM Level 2, Semarang Buka Opsi Bioskop dan CFD Kembali Dibuka

Presiden Jokowi mengumumkan penurunan level PPKM di sejumlah daerah. Salah satunya Semarang yang menjadi PPKM level 2.

img_title
VIVA.co.id
1 September 2021