Jenderal Gatot Duduk Bareng Ketua MPR Nonton Wayang

Acara nonton bareng wayang di Museum Fatahillah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

VIVA.co.id – Memperingati hari ulang tahun TNI ke-72, sebuah pagelaran Wayang NKRI diselanggarakan di halaman Museum Fatahillah, Jakarta, Jumat, 29 September 2017. 

Wayang Potehi: A Hybrid Symbol of Indonesian Diversity

Pada acara yang telah disesaki ratusan masyarakat itu, turut hadir beberapa tokoh nasional, pimpinan lembaga negara serta sederet politikus.

Pantauan VIVA.co.id, Panglima TNI, Gatot Nurmantyo terlihat duduk di antara Ketua MPR, Zulkifli Hasan dan Wakil Presiden ke-6 RI, Try Sutrisno. Pada deretan yang sama juga hadir Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto dan Effendi Simbolon.

Pemeran Wayang Orang Tokoh Semar Meninggal usai Menyambut Ganjar-Mahfud

Dalam sambutannya, Gatot menyampaikan bahwa pertunjukan budaya seperti wayang merupakan cara paling efektif menyampaikan informasi untuk mempersatukan masyarakat. Apalagi, kata dia, sejak dulu wayang telah digunakan sebagai medium perlawanan terhadap penjajah. 

"Sejarah mencatat, selain menjadi hiburan, wayang juga dapat jadi media dalam menyebarkan pesan moral, agama, nasionalisme, patriotisme, terutama dalam melawan penjajah," kata Gatot sebelum pertunjukan dimulai.

Jasad Pria di Gorong-Gorong Gambir Ditemukan Tanpa Busana, Ada Tato Wayang di Tangan

Sebelas jenis wayang akan ditampilkan dengan cerita 'Parikesit Jumeneng Noto.' Ada pun jenis wayang Nusantara ini meliputi Wayang Jemblung, Wayang Surakarta, Wayang Cirebon, Wayang Palembang, Wayang Jawa Timuran, Wayang Orang, Wayang Bali, Wayang Banjar, Wayang Beber, Wayang Yogyakarta, dan Wayang Golek Sunda. (ase)

Desa Kartun Sidareja, Purbalingga, Jawa Tengah.

Mau Rasakan Hidup di Desa Menggembala Kambing Hingga Ambil Air Nira? Di Sini Tempatnya

Pada siang hari pengunjung desa akan mengikuti kegiatan keseharian warga seperti membuat gula jawa dan makanan tradisional, menggembala kambing, hingga mengambil air nira

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024