Lampu Merah Thamrin Bisa Tegur Pelanggar Lalu Lintas

Yellow box junction di perempatan lampu merah
Sumber :
  • TMC

VIVA.co.id – Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah memasang CCTV di 14 persimpangan yang tersebar di jalan-jalan utama Ibu Kota. Namun hanya persimpangan Thamrin dan Patung Kuda kini telah dilengkapi dengan speaker.

Polda Metro Gelar Operasi Zebra, 3 Pelanggaran Ini Jadi Sasaran Tilang

Pantauan VIVA.co.id di Persimpangan MH Thamrin-Kebon Sirih, Jakarta Pusat, sudah terlihat empat kamera CCTV berwarna hitam yang disebut jenis PTZ (Pan-Tilt-Zoom), ini terpasang pada sisi lampu merah. Dan dua pengeras suara berwarna putih menempel di tiang lampu lalu lintas.

Kepala UP SPLL (Sistem Pengendali Lalu Lintas) Dishub DKI, Susilo, saat dihubungi mengatakan total ada 14 persimpangan yang sudah dilengkapi CCTV PTZ. Tapi, baru ada satu persimpangan yang sudah terhubung ke pusat kontrol yaitu di persimpangan MH Thamrin-Kebon Sirih dan Patung Kuda.

Mau Berbuat Jahat, Siap-siap Dibikin Malu CCTV Bersuara

Saat VIVA.co.id mencoba langsung koneksi speaker di persimpangan MH Thamrin-Kebon Sirih pada pukul 18.00 WIB dengan melebihi garis pembatas putih belum ada suara yang muncul untuk memberi peringatan. Karena penasaran, helm pun dibuka dan tidak ada respons. Kemungkinan, sinyal CCTV saat melaporkan gambar kepada operator kurang jelas.

Sementara untuk speaker di persimpangan Patung Kuda juga belum menyala. Kata Susilo,  persimpangan Patung kuda memang belum terhubung ke pusat kontrol. Oleh sebab itu, dirinya berharap agar Dishub segera memasang speaker yang terhubung dengan CCTV PTZ di 13 persimpangan lainnya.

Sepekan Razia, 15.472 Pengendara di Jakarta Ditilang

Seperti diketahui, 14 persimpangan yang sudah terpasang CCTV saja di Patung Kuda, Hotel Milenium, Sunan Giri, Harmoni, TU Gas. Selain itu di Blok Y1 Jalan Panjang, Blok A13 Jalan Panjang, Kedoya Pesing Jalan Panjang, Sunrise Garden Jalan Panjang, Kedoya Green Garden Jalan Panjang, Kedoya Duri Jalan, Panjang, Lapangan Bola Jalan Panjang, Pos Pengumben Jalan Panjang.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo

5 Pelanggaran Jadi Target Operasi Zebra Jaya 2020

Operasi Zebra digelar mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020.

img_title
VIVA.co.id
26 Oktober 2020