Cara Pemprov DKI Kembangkan Batik di Ibu Kota

Pameran Ekonomi Kreatif Rusunawa.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Tito Himawan

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengemukakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta turut mengembangkan batik lokal melalui pelatihan untuk penghuni rusun. Hal itu dikemukakan Djarot terkait peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap 2 Oktober.

Koleksi Cantik Batik Mega Mendung Hiasi Perayaan Batik Nasional 2023

"Ini Hari Batik Nasional. Saya senang sekali masing-masing daerah mengembangkan motif batiknya sendiri-sendiri. Termasuk di Jakarta, kami melatih para penghuni rusun untuk mengembangkan batik," kata Djarot, usai upacara hari Kesaktian Pancasila, di Monas, Jakarta, Senin, 2 Oktober 2017. 

Menurut Djarot, pelatihan batik itu diberikan agar ada regenerasi bagi pengrajin batik. Keberadaan mereka dibutuhkan untuk kelangsungan batik di Jakarta. "Minggu lalu, malam Jumat, kami luncurkan batik Jakarta di Monas. Ini upaya kita melestarikan batik ini, dengan adanya regenerasi seperti ini, batik tulis kita akan semakin baik," ujarnya. 

Luna Maya Tampil Cantik Elegan di Istana Berbatik, Bikin Netizen Melongo: Berkharisma

Sejak 2009, UNESCO, badan Perserikatan Bangsa Bangsa untuk bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi. Karena itu, sejak penetapannya pada 2 Oktober, menjadi momen peringatan Hari Batik Nasional di Indonesia.
 

Istana Berbatik

Batik Lagi Tren, Begini Cara Pakainya agar Terlihat Modern

Batik berkembang baik dari segi motif, warna, maupun jenis kain. Jika batik tradisional memiliki corak yang memenuhi hampir seluruh kain, batik kontemporer lebih modern.

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2023