KRL Lintas Bekasi-Cikarang Resmi Beroperasi

Ilustrasi KRL Commuter Line
Sumber :
  • ANTARA/Yulius Satria Wijaya

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perkeretaapian Umiyatun Hayati, meresmikan pengoperasian KRL Lintas Bekasi-Cikarang dan Stasiun Bekasi Timur pada hari ini atau Sabtu, 7 Oktober 2017.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menurut Budi, pengembangan jaringan dan peningkatan pelayanan di lintas Bekasi-Cikarang ini, selain ditujukan untuk memperpanjang lintas pelayanan KRL dari Bekasi ke arah Cikarang, juga untuk memisahkan lintas utama kereta api jarak jauh dan menengah dari lintas angkutan kereta listrik commuter line Jabodetabek.

Dengan demikian, frekuensi perjalanan KRL bertambah, kapasitas angkut juga meningkat.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

"Saya juga mengharapkan bantuan dan peran serta Pemerintah Kota Bekasi dan Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk integrasi antar moda di setiap stasiun pada lintas Bekasi-Cikarang," kata Budi, dalam keterangannya.

Dengan demikian, ia melanjutkan, stasiun-stasiun kereta api akan menjadi semakin mudah diakses oleh masyarakat.

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

Budi juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama merawat dan menjaga prasarana dan sarana perkeretaapian pada lintas Bekasi-Cikarang ini.

Sementara itu, Umiyatun menambahkan, pengoperasian KRL Lintas Bekasi-Cikarang ini adalah lintas pelayanan baru sepanjang 16,74 km ini dapat ditempuh dalam waktu 21 menit.

"Frekuensi perjalanan kereta dijadwalkan sebanyak 32 KA per hari. Keberangkatan KRL pertama dari Stasiun Cikarang adalah pukul 05.05 WIB. Sedangkan kedatangan KRL terakhir di Stasiun Cikarang adalah pukul 23.45 WIB," kata Umiyatun.

Tak hanya itu, peresmian pengoperasian KRL Lintas Bekasi-Cikarang dan Stasiun Bekasi Timur dipastikan berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan mobilisasi masyarakat Kabupaten dan Kota Bekasi, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya