Anies dan Sandi Disiapkan Mobil Dinas Seharga Rp1,9 Miliar

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

VIVA.co.id – Gubermur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, akan dilantik pada Senin, 16 Oktober 2017. Sejumlah fasilitas telah disiapkan untuk mereka, seperti rumah dan mobil dinas.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Menurut Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH-KLN) DKI Jakarta, Mawardi, saat pelantikan nanti, Anies-Sandi belum akan menggunakan mobil dinas baru. Mereka masih menggunakan mobil dinas tunggangan pasangan pemimpin sebelumnya, Ahok-Djarot.

Menurut Mawardi, Anies-Sandi dipastikan tidak akan lama memakai mobil bekas Ahok-Djarot. Karena mobil yang baru masih sedang diajukan.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

"Selama ini yang ada kendaraan yang dipakai oleh Pak Djarot. Kita sudah usulkan ke Badan Pengelola Aset Daerah untuk dapat segera disiapkan mobil dinas gubernur dan wakil gubernur," kata Mawardi di Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Kamis 12 Oktober 2017.

Mawardi mengaku sedang mengajukan mobil bermerk Toyota Land Cruiser terbaru untuk Anies-Sandi.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

"Iya, itu mungkin masuk dalam APBDP (2017). Kami harapkan secepatnya. Keduanya Land Cruiser, kami minta sama," ujarnya

Ketika dimintai keterangan terkait harga mobil tersebut, Mawardi enggan menjelaskannya. Namun berdasarkan penelusuran VIVA.co.id melalui website resmi Toyota Indonesia, mobil Toyota Land Cruiser mempunyai dua seri, yakni Toyota Land Cruiser seri 200 VX dan Toyota Land Cruiser 200 VXR.

Untuk seri 200 VX dibanderol Rp1.944.500.000 dan untuk seri 200 VXR dibanderol Rp2.280.800.000. Keduanya mempunyai dimensi yang sama, yakni panjang 4,9 meter, lebar 1,9 meter, tinggi 1,9 meter dan memiliki kecepatan 4,461 CC.

Mawardi menambahkan, bila mobil dinas baru milik Anies-Sandi sudah ada, maka mobil yang lama akan dikembalikan ke Badan Pengelola Aset Daerah.

Sementara itu, menanggapi tunggangan barunya yang akan diterima, Anies tak banyak berkomentar. Ia mengatakan akan memakai mobil dinas apa saja yang telah disediakan.

"Yang ada saja kita pakai. Nggak (Mengusulkan mobil baru). Tetap aja kita pakai kijang," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya