Maling Bobol ATM Pakai Mesin Las, 4 Boks Uang Raib

Ilustrasi pembobolan ATM
Sumber :

VIVA.co.id – Dua buah mesin Anjungan Tunai Mandiri BCA dan BRI, di Indomart Jalan Raya Pemda Karadenan, Kampung Kaum Pandak RT. 01/04, Karadenan, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dibongkar paksa. Dalam aksinya, pelaku membobol ATM diduga menggunakan mesin las.

Polisi Tangkap ART yang Bobol ATM Majikan hingga Puluhan Juta

Kejadian itu terjadi pada Jumat kemarin, 13 Oktober 2017. "Kapolsek Cibinong sudah cek lokasi. Yang hilang uang tunai pecahan Rp100 ribu sebanyak empat box atau cassete. Jumlah kerugian sedang dihitung," ujar Kabag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena kepada VIVA.co.id, Sabtu 14 Oktober 2017.

Dalam melancarkan aksinya, pelaku diduga membawa alat las untuk membongkar mesin ATM. Kejadian itu diketahui pada Jumat, pukul 05.40 WIB. Saat itu, dua karyawan Indomart Siti Suyeni (21) dan rekannya Khafif (20) mendapati suara alarm berbunyi dengan lampu berkedip.

Polda Sumut Bongkar Sindikat Pembobolan ATM Antar Provinsi, Bikin Rugi Rp 3 Miliar

Khafif lantas mematikan alarm. Dia lalu mengecek untuk mencari penyebabnya. Setelah diperiksa, ternyata pada pukul 03.50 WIB pagi, ada sinyal darurat dari handphone yang terkoneksi dengan sistem toko. 

Keduanya bergegas menuju ruangan toko. Setelah menyalakan lampu, mereka mendapati plafon atap toko sudah terbuka dengan posisi tabung gas elpiji ukuran tiga kilogram di atas cooler. Karyawan itu mencium udara menyengat seperti bau alat las.  Setelah diperiksa, keduanya menemukan dua mesin ATM dalam keadaan rusak. 

Waduh! Data 7,9 Juta Pengemudi Australia Dibobol

"Kondisinya rusak seperti dilas. Sedangkan tempat box casette uang di dalam ATM BCA sudah berada di luar, sedangkan mesin ATM BRI berada di sampingnya juga sudah dalam keadaan rusak di las. Tetapi, box casette-nya belum sempat diambil," ujar Ita.

Selanjutnya, saksi melaporkan ke Supervisor untuk langsung dilaporkan ke polisi. Anggota Polsek Cibinong, lantas melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) bersama anggota Unit Identifikasi Sat Reskrim Polres Bogor.

Polisi menemukan barang bukti satu buah gas tiga kilogram, empat box casette Bank BCA, satu set alat las dengan tabung oxygen dan sepasang sarung tangan.  "Saat ini, perkaranya ditangani oleh Sat Reskrim Polres Bogor," kata Ita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya